PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA

Sigit Setiawan Setiawan, Lukman Nulhakim, Nana Hendracipta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil dan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran
IPA. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan
selama 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 1 pertemuan. Instrumen yang digunakan adalah
tes dan observasi. Hasil dari penelitian ini didapat hasil dan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran
IPA mengalami peningkatan. Ketuntasan hasil belajar siswa yang mencapai nilai kriteria ketuntasan
minimal (KKM) pada prasiklus 20%, siklus I 40%, dan siklus II 93%. Selanjutnya aktivitas belajar siswa
yang mencapai nilai kategori minimal indikator keberhasilan pada siklus I 60% dan siklus II 93%.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model
cooperative learning tipe group investigation dapat meningkatkan hasil dan aktivitas belajar siswa.
Kata kunci: pembelajaran IPA, cooperative learning tipe group investigation, hasil belajar, aktivitas
belajar


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.