EMOSI, MOTIVASI DALAM PEMBELAJARAN DAN KINERJA

Lukman Nulhakim

Abstract


Dalam proses belajar setiap siswa harus mempunyai suatu tujuan yang harus dicapai
didalamnya, baik tujuan pendek maupun tujuan jangka penjang yang dapat membuat diri mereka
mempunyai suatu perubahan yang terjadi setelah mereka mengikuti sebuah proses pendidikan
yang diberikan oleh guru. Emosi dan motivasi merupakan dua hal yang selalu beririringan dalam
pembelajaran. Seorang guru selayaknya memberikan sebuah dorongan yang dapat memberikan
motivasi dan menjaga emosi terhadap diri mereka untuk meningkatkan prestasi belajar. Dorongan
yang seharusnya diberikan oleh seorang guru tidak akan dapat merubah sikap/perilaku individu,
karena semuanya akan mempunyai suatu hubungan yang dapat memberikan satu nilai tambah
dalam meningkatkan prestasi belajar. Dalam meningkatkan prestasi belajar siswa, seorang guru
mempunyai andil didalamnya yang mana memberikan suatu arahan untuk dapat meningkatkan
prestasi belajar siswa. Salah satu bentuk untuk meningkatkan prestasi belajar yaitu dengan
memberikan motivasi belajar kepada siswa. Dengan adanya motivasi belajar yang diberikan kepada
siswa dapat untuk meningkatkan prestasi mereka di sekolah. Motvasi belajar ini diberikan berupa
informasi yang dapat memberikan suatu nilai positif dalam meningkatkan prestasi belajar dan
meningkatkan kinerja bagi siswa. Bagi siswa mempunyai suatu motivasi prestasi dalam belajar
akan membangun suatu aktivitas yang positf, disini akan diberikan suatu informasi mengenai
bagaimana meningkatkan motivasi dalam belajar yang akan lebih meningkatkan kinerja siswa dan
strategi peningkatan kinerja.
Kata kunci: Emosi, motivasi, pembelajaran dalam kinerja


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.