PENGARUH KOMPETENSI PAEDAGOGIK GURU PAI DAN SARANA PRASARANA TERHADAP MUTU PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi di SDIT Ibadurrahman)

Wardatul Ilmiah

Abstract


Kompetensi paedagogik guru PAI adalah sejumlah kemampuan guru dalam menguasai,
mengelola dan mengevaluasi peserta didik dalam proses belajar mengajar sehingga menghasilkan
kualitas pembelajaran yang baik di kelas. Guru yang berkompeten di bidangnya akan menghasilkan
mutu pembelajaran yang baik dalam proses belajar mengajar. Sarana prasarana adalah segala
sesuatu yang menunjang kegiatan pembelajaran. Sarana pembelajaran PAI yang digunakan di
SDIT Ibadurrahman sangat bervariatif mulai dari masjid sebagai laboraturium pendidikan agama
Islam, handbook siswa sebagai buku kontrol hapalan Al-Qur’an, Hadist, ibadah Yaumiyah di rumah
serta Al-Ma’surat yang harus dikuasai oleh setiap peserta didik di jenjangnya masing-masing. Bukan
hanya itu, flashdisk sebagai media audio juga diberikan sekolah untuk menunjang keberhasilan
pembelajaran PAI di SDIT Ibadurrahman. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui bagaimana
pengaruh kompetensi pedagogik guru PAI terhadap mutu pembelajaran pai di SDIT Ibadurrahman
Ciruas Serang (2) untuk mengetahui bagaimana pengaruh sarana prasarana terhadap mutu
pembelajaran PAI di SDIT Ibadurrahman (3) untuk mengetahui bagaimana pengaruh kompetensi
paedagogik guru PAI dan sarana prasarana terhadap mutu pembelajaran PAI di SDIT Ibadurrahman.
Hasil dari analisa data tersebut dan setelah dikorelasikan ternyata dapat diketahui bahwa diperoleh
r, x, y, sebesar 0,897 pada taraf signifikan 5% dengan sampel sebanyak 80 responden. Hal ini menunjukan
pengaruh yang tinggi. Sedangkan kontribusi atau sumbangan secara simultan variabel
kompetensi paedagogik guru PAI dan sarana prasarana terhadap mutu pembelajaran PAI adalah
80,5% sedangkan 19,5% ditentukan oleh variabel yang lain.
Kata kunci: PAI, Mutu Pembelajaran, SDIT.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.