PENDIDIKAN KARAKTER ISLAMI DALAM PANDANGAN ZAKIAH DARADJAT

Abdurohim Abdurohim

Abstract


Penelitian ini mencoba menganalisis fenomena yang sering diberitakan berbagai media
informasi saat ini bahwa kerusakan akhlak di negeri kita sudah sangat memprihatinkan, hal ini diwarnai
dengan banyaknya kenakalan remaja seperti kasus perkosaan dan pelecehan seksual,
tawuran, kecurangan, dan penyalahgunaan narkoba. Penelitian ini menganalisis pendidikan karakter
menurut seorang tokoh pendidikan Islam di Indonesia, yaitu Zakiah Daradjat dilihat dari
sistem pendidikan antara lain; tujuan, materi, metode, dan evaluasi. Zakiah memandang bahwa
tujuan pendidikan karakter untuk meraih kebahagiaan dunia dan akhirat berangkat dari sehatnya
mental dan jiwa, melalui pendidikan agama. Materi yang disampaikan dalam pendidikan karakter
adalah nilai-nilai universal yang menjadi titah dan ajaran agama Islam, di antaranya adil, amanah,
ihsan, jujur, kasih sayang, malu, memenuhi janji, menahan marah, menjaga kehormatan, pemaaf,
sabar, santun, dan tawadlhu. Metode yang dapat digunakan serta diaplikasikan sesuai dengan
tingkat kemampuan dengan memperhatikan tingkat pertumbuhan dan perkembangannya. Zakiah
menyebutnya harus sesuai dengan tingkat dan jenjang pendidikannya. Evaluasi merupakan
pengejawantahan dari tujuan pendidikan. Apakah tujuan pendidikan yang diharapkan telah tercapai.
Jika tidak, dimanakah letak persoalannya, apakah tujuan yang dirumuskan terlalu tinggi atau tidak,
mungkin teori yang disampaikan tidak sesuai dengan tingkat pendidikan para peserta didik, atau
metode yang disampaikan tidak relevan dengan situasi dan kondisi masyarakat. Implikasi
pendidikan karakter terhadap pendidikan Islam dan pendidikan Indonesia yakni konsep pendidikan
karakter yang diterapkan pada siswa tentu mampu menumbuhkan generasi yang berkarakter,
yang seluruh aspek kehidupannya; baik emosi, kognitif, kreativitas, fisik, moral, dan spiritual terintegrasi
dengan baik. Tentunya sesuai dengan pijakan syariat Islam sehingga melahirkan akhlak
mulia seperti dicontohkan Rasulullah, yang pada akhirnya membawa Indonesia menjadi bangsa
yang berkarakter.
Kata kunci: Pendidikan Karakter Islami, tujuan, materi, metode, dan evaluasi.

----------------------------------------------------------------------

This study tries to analyze the phenomena ofter reported by various media information at this
time that the moral damage in our country is already very concerned, this matter indicated by the
amount of juvenile delinquency such as rape and sexual abuse, fights, cheating and drug abuse.
This study analyzes the character education according to a prominent Islamic education in
Indonesia, namely zakiah Daradjat viewed from the education system, such as; objectives, materials,
methods, and evaluation. Zakiah considers that the purpose of education of character to achieve
happiness of the world and the hereafter departing from healthy mentally, and spiritually, through
religious education. Material presented in character education are universal values that become
edicts and teachings of the Islamic religion, including fair, trust, charity, honesty, affection, shame,
promise, hold back angry, guard of honor, forgiving, patient, polite, and tawadlhu. The method can
be used and applied in accordance with ability to pay attention to the level of growth and
development. Zakiah call it should be appropriate to the level and education levels. Evaluation is the 

embodiment of the purpose of education. Is the expected educational goals have been achieved. If
not, where were the case, what is the purpose formulated too high or not, the theory presented may
not correspond with the level of education of the learners, or methods presented are not relevant to
the circumstances of society. Implications of character education towards Islamic education and
education Indonesia namely, the concept of character education that is applied to the student would
be able to cultivate character generation, that all aspects of the life; Good emotional, cognitive,
creative, physical, moral, and spiritual are integratedwell integrated. In accordance footing Islamic
shari’a that gave birth to a noble character who exemplified the Rasulullah and in the end, bring
Indonesia into a nation of character.
Keywords: Islaimic character Education, objectives, materials, methods, and evaluation.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.