Branding Pendidikan Tingi Jarak Jauh Terhadap loyalitas Harga dan Popularitas

Jasrial Jasrial, Enceng Enceng, Ridho Harta

Abstract


Persaingan pendidikan tinggi mengacu pada Permendikbud no.24 tahun 2012 tentang penyelenggaraan pendidikan jarak jauh pada Perguruan Tinggi (PT) yang telah dibuka kesempatan dan peluang bagi Perguruan Tinggi lain selain Universitas Terbuka (UT) untuk menyelenggarakan pendidikan jarak jauh. berbagai strategi yang dapat diterapkan untuk menjaga kelangsungan hidup suatu organisasi dalam menghadapi para pesaing termasuk, salah satunya adalah dengan memperhatikan asosiasi merek dan loyalitas merek pada organisasai tersebut. Salah satu atribut yang terpenting adalah merek. Ekuitas merek berkaitan dengan tingkat pengakuan merek, kualitas merek yang diyakini, asosiasi mental dan emosional yang kuat serta aktiva lain (Kotler, 2007). Selama 34 tahun ini, Universitas Terbuka sebagai satu-satunya perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan jarak jauh merupakan pemimpin pasar dan top of mind nya pendidikan jarak jauh. Oleh karena itu pentingnya membangun sebuah merek dan dilakukan UT. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui signifikansi masing-masing elemen dari variabel branding dalam membangun UT, 3) Untuk mengetahui promosi UT dalam meningkatkan loyalitas pelanggan. Hasil Penelitian menunjukan dengan analisis Structural Equation Modeling (SEM). Brand UT berpengaruh signifikan terhadap harga nilai t-statistik pengaruh Brand UT terhadap Harga sebesar 6.866673, nilai ini lebih besar dari nilai t-tabel 1,98 untuk level signifikan 0.05 (5%). Brand UT berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas dengan nilai t-statistik pengaruh Brand UT terhadap Loyalitas sebesar 11.518046, nilai ini lebih besar dari nilai t-tabel 1,98 untuk level signifikan 0.05 (5%) dan nilai t-statistik pengaruh Brand UT terhadap Popularitas sebesar 7.930576, nilai ini lebih besar dari nilai t-tabel 1,98 untuk level signifikan 0.05 (5%)

Full Text:

PDF

References


Aaker, D. 1997. Manajemen Ekuitas Merek: Memanfaatkan Nilai dari Suatu Merek. Mitra Utama. Jakarta.

Bloemer, JM, and Kasper, H. 1995. The Complex Relationship Between Consumer Satisfaction and Brand Loyalty. Journal of Economic Psychology, Vol. 16, pp. 311-329.

Durianto, Dkk 2004. Strategi Memimpin Pasar. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

DuWors & Haines, 1990; Light, 1994 dalam “Price and Store Image as Mitigating Factors in the Perception and Evaluation of Retailers’ Customer-Based Brand Equity” UMI 3573880 Publish by ProQuest LLC 2013.

Hoeffler, S., & Keller, K. L. 2003. The marketing advantages of strong brands. Journal of Brand Management, 70(6), 421-445.

Keller, K. L., & Lehmann, D. R. 2006. Brands and branding: Research findings and future priorities. Marketing Science,25(6), 740-759.

Keller, Kevin Lane 2001a, “Building Customer-Based Brand Equity”, Marketing Management, July/August.

Kotler, P & Keller, Kevin L. 2007. Manajemen Pemasaran. Jilid I, Edisi 12. P.T. Indeks Kelompok Gramedia. Jakarta.

Kotler, P., & Keller, K. L. 2009. Marketing management (4th ed). Upper Saddle River, NJ: Pearson Prentice-Hall

Kotler, Philip. 1994. Manajemen Pemasaran Jilid I, Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip. 2007. Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol, Edisi kesembilan, Terjemahan. Jakarta: Prenhallindo.

Liao, R. (2011). “Combining ISO 9001 QMS and PZB model to reach customer satisfaction for school's extension education organization- an integrated approach and empirical study in Taiwan”. International Journal of Digital Content Technology and its Applications, 5(6), 207-213.

Lovelock, CH. 1988. Managing service. New Jersey: Prentice Hall.

Oliver, R.L. 1999. Whence Consumer Loyalty? Jornal of Marketing, 63 (Special Issue 1999), pp. 33-34.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No.24 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh Pada Pendidikan Tinggi

Tung, feng. 2010 Customer satisfaction, perceived value and customer loyalty: “the mobile services industry in China”. Vol.7(18), pp. 1730-1737, 14 May, 2013 DOI:10.5897/AJBM10.38 ISSN 1993-8233© 2013 Academic Journals

Zeithaml, V.A, Berry LL dan Parasuraman A. 1988. SERVQUAL: A Multiple-Item Scale for Measuring Customer Perceptions of Service Quality. Journal of Reatiling 64 (1) Spring, pp. 12-40.

Zeithaml, V.A. 1993. The Nature and Determinants of Customer Expectations of Service. Journal of Academy of Marketing Science, Vol. 21, No. 1, pp.1-12.s




DOI: http://dx.doi.org/10.31506/jipags.v2i2.4881

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
View My Stats
Free Website Statistics
 
Creative Commons License

Journal of Indonesian Public Administration and Governance Studies is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
  
Copyright © 2019 Journal of Indonesian Public Administration and Governance Studies (JIPAGS). All rights reserved.