EFEKTIFITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK LATIHAN ASERTIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA

Muthohharoh Muthohharoh

Abstract


Penelitian ini dimulai dengan latar belakang keterampilan komunikasi interpersonal siswa perlu ditingkatkan di era globalisasi ini. Sebagai intervensi ketegasan teknik dalam layanan konseling kelompok diberikan pelatihan sehingga siswa memiliki keterampilan komunikasi interpersonal. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian non setara kelompok kontrol yang bertujuan untuk menentukan efektivitas kelompok layanan konseling dengan teknik latihan asertif untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa di kelas X.2 MAN 1 Cilegon tahun akademik 2014/2015. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis t-test dari dua kelompok pasangan. analisis data thitung pada kelompok eksperimental di 7,44 sedangkan thitung pada kelompok kontrol 3,38 dengan tingkat signifikansi 5% pada 2021. Dapat disimpulkan bahwa layanan konseling kelompok dengan teknik latihan asertif yang efektif untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa di kelas X.2 MAN 1 Cilegon

Kata kunci: konseling kelompok, pelatihan asertif, keterampilan komunikasi interpersonal


Keywords


konseling kelompok

Full Text:

PDF

References


Akbari., et al. 2012. Determine The Effectiveness Of Assertiveness Training On Student Achievement And Happiness. J. Basic. Appl. Sci. Res, 02(01).

Al’ain, O.M., & Mulyana, P.O. 2013. Pelatihan Asertif Untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Anggota HIMA Prodi Psikologi UNESA, 02 (01).

Alfakalia & Maharani, A. 2009. FaktorFaktor Pendukung Komunikasi Interpersonal, 06 (01).

Ardita, M.I., dkk. 2014. Efektivitas Model Konseling Behavioral Teknik Latihan Asertif Dan Teknik Penguatan Positif Dalam Meningkatkan Academic Self Efficacy Pada Siswa Kelas VIII, 02 (01).

Astianingrum. 2013. Bimbingan Teman Sebaya Untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa. Surakarta: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret.

Astuti, D.A., dkk. 2013. Model Layanan BK Kelompok Teknik Permainan (GAMES) Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa, 02 (01).

Chairani, M., dkk. 2009. Komunikasi Interpersonal Guru Dan Orangtua Dalam Mencegah Kenakalan Remaja Pada Siswa, 07 (02).

Corey, G. 2013. Teori dan Praktek Konseling & Psikoterapi. Refika Aditama. Bandung.

Creswell, W.J. 2013. Research Design (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed). Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Dani, P.N., dkk. 2013. Efektivitas Konseling Behavioral Teknik Latihan Asertif Untuk Meningkatkan Perilaku Disiplin Belajar Siswa Kelas X SMA Laboratorium UNDIKSHA.

Dasuki, A. 2014. Pengantar Statistika untuk Penelitian dan Pendidikan. Jakarta.

Firmansyah. 2013. Program Konseling Kelompok Dengan Teknik Latihan Asertif Untuk Meningkatkan Keterampilan Interpersonal Siswa. Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.

Gibson, L.R., & Mitchell, H.M. 2011. Bimbingan dan Konseling. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Gundogdu, R. 2012. Effect Of The Drama Based Assertiveness Program On The Assertiveness Skill Of Psychological Counsellor Candidates, 12 (02).

Gusliza, N. 2013. Hubungan Komunikasi Interpersonal Dengan Kepuasan Kerja Pegawai Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga Kota Bukittinggi, 01 (01).

Hartley, P. 1999. Interpersonal Communication. Routledge: ISBN 9780203062708

Hidayat, D. 2012. Komunikasi Antarpribadi dan Medianya. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Kurniawati, K.R. 2014. Komunikasi Antarpribadi (Konsep dan Teori Dasar). Graha Ilmu. Yogyakarta.

Lubis, L.N. 2011. Memahami DasarDasar Konseling Dalam Teori Dan Praktik. Kencana. Jakarta.

Misbahudin & Hasan, I. 2013. Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. Bumi Aksara. Jakarta.

Nursalim, M. 2013. Strategi Dan Intervensi Konseling. Akademia Permata. Jakarta.

Nursalim, M., & Trisnaningtyas, E. 2010. Penerapan Latihan Asertif Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa, 11 (01).

Onyeizuigbo., E.U. 2003. Effects Of Gender, Age And Education On Self Self Esteem. Journal of Applied Social Psychology.

Pratiwi, W.S., & Sukma, D. 2013. Komunikasi Interpersonal Antar Siswa Di Sekolah Dan Implikasinya Terhadap Pelayanan Bimbingan Dan Konseling, 02 (01).

Pelajar, Dunia. 2014. Pengertian Keterampilan Menurut Para Ahli, [Online].Tersedia:http://www.duniap elajar.com/2014/07/29/pengertianket erampilan-menurut-paraahli/.html[08 Februari 2015].

Peneva, I., & Mavrodiev, S. 2013. A Historical Approach To Assertiveness, 06 (01).

Prayitno., & Amti, E. 2013. Dasar- Dasar Bimbingan Dan Konseling. Rineka Cipta. Jakarta.

Rakhmat, J. 2012. Psikologi Komunikasi. Rosdakarya. Bandung.

Ratnaningtyas, W.A., & Satiningsih. 2011. Penerapan Konseling Kelompok Trait Factor Untuk Mengatasi Kesulitan Dalam Perencanaan Karir Pada Siswa, 12 (01).

Ratu, B., & Nurwahyuni. 2013. Pengembangan Model Konseling Kelompok Melalui Teknik Asertif Training Untuk Mengentaskan Kecemasan Dalam Menghadapi Ujian Akhir Semester, 02 (04).

Riswandi. 2013. Psikologi Komunikasi. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Sarkova.M., et al. 2013. Associations Between Assertiveness, Psychological Well-Being, And Selfesteem In Adolescents. Journal of Applied Social Psychology.

Setiawan, E. 2015. Kamus Besar Bahasa Indonesia, [Online]. Tersedia:

http://kbbi.web.id/terampil.html, [08 Februari 2015].

Smith, B.M. 2011. Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Terhadap Disiplin Belajar Siswa Di SMA Negeri 1 Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara, 08 (01).

Smith, M. 2009b. The Important of Interpersonal Skills [Online] Available:http//:www.AssociatedCo ntent.com. html, [22 Maret 2015].

Smith, M.J. 1985. When I Say No, I Feel Guilty. Bantam Books. New York.

Sudaryono. 2014. Educational Research Methodology. Lentera Ilmu Cendekia. Jakarta.

Sugiyono. 2014. Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta. Bandung.

Suranto, A.W. 2011. Komunikasi Interpersonal. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Sutoyo, A. 2012. Pemahaman Individu (Observasi, Checklist, Interviu, Kuesioner dan Sosiometri). Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Syavanah, N.E., & Naqiyah, N. 2011. Penerapan Konseling Kelompok Realita Untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa, 12 (01).

Wijayanti, C., & Muhari. 2010. Penerapan Konseling Kelompok Dengan Strategi Self-Management Untuk Mengurangi Kebiasaan Bermain Video Games, 11 (01).

Yusuf LN, S., & Nurihsan, J 2012. Landasan Bimbingan Dan Konseling. Rosdakarya. Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpbk.v1i2.1868

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By