KONTRIBUSI KEPERCAYAAN DIRI DAN PERSEPSI SISWA TERHADAP KEGIATAN MERESPON DALAM PEMBELAJARAN SERTA IMPLIKASINYA DALAM BIMBINGAN DAN KONSELING

Rizky Andana Pohan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kontribusi dari kepercayaan diri dan siswa persepsi terhadap menanggapi aktivitas dalam belajar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini adalah 480 siswa dari SMA Negeri 8 Padang di kelas XI dan XII, dan sampel 218 siswa yang dipilih dengan menggunakan proporsional stratified random sampling. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) rata-rata, deskripsi kepercayaan diri itu di tingkat tinggi, (2) siswa persepsi tentang kegiatan merespon adalah di tingkat positif, (3) menanggapi aktivitas dalam pembelajaran dikategorikan pada tingkat tinggi, (4) ada 7,5% (R = 0,275, signifikansi 0,000) dalam kontribusi percaya diri terhadap merespons kegiatan, (5) ada 7,2% (R = 0,268, signifikansi 0,000) dalam kontribusi persepsi siswa terhadap kegiatan merespon, (6) ada 11 % (R = 0,332, signifikansi 0,000) dalam kontribusi bersama dengan percaya diri dan siswa persepsi terhadap menanggapi aktivitas dalam belajar.

Kata kunci: Percaya diri, Persepsi, Kegiatan merespon


Keywords


persepsi

Full Text:

PDF

References


Afnibar. 2011. “Model Pelayanan Konseling Format Klasikal dalam Kegiatan Belajar Siswa”. Disertasi tidak diterbitkan. Padang: Program Pascasarjana Universitas Negeri Padang.

Alizamar. 2012. “Model Pendekatan Kelompok dalam Pengembangan Kegiatan Belajar Mahasiswa”. Disertasi tidak diterbitkan. Padang: Program Pascasarjana Uiversitas Negeri Padang.

Al-Hebaish, S. M. 2012. “The Correlation between General Self-Confidence and Academic Achievement in the Oral Presentation Course”. Journal Theory and Practice in Language Studies, 2 (1): 60-65.

Az-Zuaili, W. 2010. Tafsir Al-Wasith: Alfatihah – at-taubah 1. Terjemahan oleh Muhtadi, dkk. Gema Insani. Jakarta.

Chaplin, J. P. 1981. Kamus Lengkap Psikologi. Terjemahan oleh Kartini Kartono. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Daharnis dkk. 2014. Model Program Pengembangan Kegiatan Belajar Siswa SMA Sumatera Barat. Padang: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Padang.

Garton, B. L. dkk. 1999. “Learning Styles, Teaching Performance, and Student Achievement: A relational study”. Journal of Agricultural Education, 40 (3).

Goel, M. dan Aggarwal, P. 2012. “A Comparative Study of Self Confidence of Single Child and Child With Sibling”. International Journal of Research In Social Sciences, 2 (3): 89-98.

Hakim, T. 2004. Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Puspa Swara. Jakarta.

Hosman, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21: Kunci sukses implementasi kurikulum 2013. Ghalia Indonesia. Jakarta.

Marbach-Ad, G. dan Sokolove, P. G. 2000. “Can Undergraduate Biology Students Learn to Ask Higher Level

Questions?”. Journal of Research in Science Teaching, 37 (8): 854-870. Marbach-Ad, G. dan Sokolove, P. G. 2000. “Good Science Begin With Good Questions”. Journal of College Science Teaching, 30 (3).

Navtalie, A. 2014. “Penerapan Question Formulating Tehnique dalam Upaya Meningkatkan Keterampilan Bertanya Siswa Pada Pembelajaran Sistem Imun”. Tesis tidak diterbitkan. Bandung: Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia.

Nirwana, H. 2003. “Hubungan Tingkat Aspirasi dan Persepsi Tentang Belajar dengan Hasil Belajar Matematika Siswa SMU yang Berlatar Belakang Budaya Minangkabau dan Batak”. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Prayitno. 2013. Konseling Integritas. UNP Press. Padang.

Prayitno dkk. 2002. Seri Latihan Keterampilan Belajar. Dirjen Dikti PPMPT Depdiknas. Jakarta.

Sarwono, S. W. 2012. Pengantar Psikologi Umum. Rajagrafindo Persada. Jakarta.

Siagian, S. P. 2004. Teori Motivasi dan Aplikasinya. Rineka Cipta. Jakarta.

Suhardita, K. 2011. “Efektivitas Penggunaan Teknik Permainan dalam Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Percaya Diri Siswa”. Jurnal Penelitian Pendidikan, 11 (1).

Sutisna, C. 2010. “Peningkatan Kepercayaan Diri Siswa Melalui Strategi Layanan Bimbingan Kelompok: Studi eksperimen di SMAN 16 Bandung tahun pembelajaran 2009/2010. Tesis tidak diterbitkan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Wade, C. dan Tavris, C. 2007. Psikologi Edisi Ke 9. Terjemahan oleh Benedictene Widyasinta. Erlangga. Jakarta.

Yusuf, A. M. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Kencana. Padang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.