PENINGKATAN HASIL LAYANAN KLASIKAL KONSEP PENGEMBANGAN KEHIDUPAN SOSIAL DENGAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING

Martinus Gea

Abstract


Penelitian bertujuan mengetahui tentang peran guru bimbingan dan konseling dalam penerapan model CTL meningkatkan hasil layanan klasikal siswa di SMAN 2 Kota Tangerang Selatan. Metode penelitian yang digunakan kualitatif dengan tindakan kelas. Sumber data penelitian adalah guru, dan siswa kelas XI MIA. Pengambilan data menggunakan teknik observasi untuk mengetahui pelaksanaan layanan klasikal yang dilakukan guru BK/Konselor dan tes penilaian segera (laiseg) untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa dalam konsep pengembangan kehidupan sosial melalui analisis tindakan pada siklus 1 dan siklus 2. Hasil penelitian Model CTL dapat meningkatkan hasil layanan klasikal terhadap siswa.  Hal ini berarti hipotesis terbukti.

 

Kata kunci: Layanan klasikal, model Contextual Teaching and learning (CTL).


Keywords


layanan klasikal

Full Text:

PDF

References


Dahlan, MD. 1990. Model-model Mengajar. Bandung: CV Diponogoro

Kasbolah, Kasihani. 1999. Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Malang: Depdikbud

Maleong. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosadakarya

Permen Diknas. 2006. Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah

Rahman. (2010). Alternatif Model Penelitian Tindakan Kelas. Panduan Seminar Nasional Pendidikan

Sadulloh, Uyih, dkk. 2007. Pedagogik. Bandung: Cipta Utama

Soedarsono. 1997. Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas Bagian Kedua Rencana, Desain, dan Implementasi. Yogyakarta: Depdikbud

Suparman, Atwi. 1997. Model-model Pembelajaran Interaktif. Jakarta: STIALAN Press

Sukmadinata, Nana. 2007. Bimbingan Konseling : Jakarta : Maestro

Suyatno. 1997. Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Depdikbud




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpbk.v3i2.3930

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


IPI