KINERJA KONSELOR DALAM PELAKSANAAN MANAJEMEN PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING BERBASIS ASCA NASIONAL

Ratnasari Ratnasari, Herdi Herdi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja konselor sekolah dalam  melaksanakan  program bimbingan dan konseling berdasarkan ASCA Nasional.  Metode penelitian yang digunakan deskriptif. Teknik sampling yang digunakan purposive sampling yaitu berjumlah 9 orang guru BK di sekolah tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program BK berdasarkan panduan ASCA yang telah dilakukan oleh konselor sekolah, dapat diketahui dari hasil penelitian bahwa: SMA Negeri 4 Kota Tasikmalaya dengan perolehan 320 dengan persentasi 72,2% berada pada kategori baik, Madrasah Aliyah Al-Amin Tasikmalaya dengan perolehan 357 dengan persentasi 81,13% berada pada kategori sangat baik, selanjutnya SMA Negeri 7 Kota Tasikmalaya dengan perolehan 395 dengan persentasi 89,77% berada pada kategori sangat baik.  Hasil penelitian ini disarankan untuk dapat dimanfaatkan oleh pihak sekolah sebagai dasar memberikan fasilitas yang mendukung dalam pelayanan bimbingan dan konseling kepada siswa.Selain itu, data ini juga dapat membantu pengawas sekolah untuk mengetahui kinerja konselor sekolah dalam pelayanan program bimbingan dan konseling.

 

Kata Kunci: Manajemen Program BK, ASCA


Keywords


program bimbingan dan konseling

Full Text:

PDF

References


American School Counselor Association.

(2012). ASCA national model: A framework for school counseling programs. American School Counselor Association.

Daryanto dan Farid, M.. 2015. Bimbingan Konseling Panduan Guru BK dan Guru Umum. Yogyakarta: Gava Media

Depdiknas. 2008. Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta: Depdiknas

Gysbers, N.C. & Henderson P. (2012). Developing and Managing Your School Guidance and Counseling.

Program Fourth Edition. Alexandria : American Counseling Assosiation

Jumail. 2013. Kompetensi Profesional dalam Perspektif Konselor Sekolah dan Perananya terhadap Pelayanan Bimbingan dan Konseling di SMA Negeri Padang. Tesis. Padang: Program Pasca Sarjana UNP

Juntika, A., N. 2006. Bimbingan Dan Konseling, Bandung: Refika Aditama

Nursalim, M. 2015. Pengembangan Profesi Bimbingan & Konseling. Jakarta: Erlangga

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. No. 111 Tahun 2014. Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia. No. 27 Tahun 2008. Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor.

Peraturan Pemerintah. No. 19 Tahun 2005. Standar Nasional Pendidikan.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpbk.v3i2.3932

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


IPI