PROFIL KEMAMPUAN KHUSUS MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING FKIP UNTIRTA

Raudah Zaimah Dalimunthe, Rosmala Dewi, Bangun Yoga Wibowo

Abstract


Tujuan penelitian ini mendeskripsikan  kemampuan khusus mahasiswa ditinjau dari kemampuan numerika, abstrak, dan verbal, skolastik, mekanik, dan relasi ruang. Metode penelitian yang digunakan penelitian deskriptif, sample pada penelitian ini adalah mahasiswa semester III dan V berjumlah 88 orang. Hasil penelitian menunjukkan: (1) kemampuan numerika mahasiswa BK FKIP Untirta semester III sebesar 7 % dan mahasiswa BK FKIP Untirta semester V sebesar 3%, (2) kemampuan abstrak mahasiswa BK FKIP Untirta semester III sebesar 22% dan mahasiswa BK FKIP Untirta semester V sebesar 39%, (3) kemampuan verbal mahasiswa BK FKIP Untirta semester III sebesar 5% dan mahasiswa BK FKIP Untirta semester V sebesar 18%, (4) kemampuan skolastik mahasiswa semester III sebesar 7% dan mahasiswa semester V sebesar 3%, (5) kemampuan mekanik mahasiswa BK FKIP Untirta semester III sebesar 5% dan mahasiswa BK FKIP Untirta semester V sebesar 3%, (6) kemampuan relasi ruang mahasiswa BK FKIP Untirta semester III sebesar 20% dan mahasiswa semester V sebesar 33%.

 

Kata Kunci: Kemampuan Umum, kemampuan khusus


Keywords


profil kemampuan

Full Text:

PDF

References


Kitano, Margie K. And Kirby, Darrell F. 1986. Gifted Education : A Comprehensive View, Boston : Little, Brown and Company Kristianto Batuaji, Nuryati Atamimi, Rasimin B. Sanmustari. 2009. Hubungan antara efektivitas fungsi Bimbingan dan Konseling dengan persepsi siswa terhadap Bimbingan Konseling di Sekolah Menengah Pertama. Stella Duce I Yokyakarta Jurnal Psikologi.Volume 36 No 1.

murad, abdul. 2012. MERUMUSKAN PROFIL KONSELOR STANDAR. Warta LPPM, UISU.

Permendiknas RI No. 27 Tahun 2008 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor. Bandung: Nuansa Aulia.

Profesional Tenaga Kependidikan. Depdikbud Jakarta.

Sanus, A. & Rochman Natawidjaja. (1991) Studi Pengembangan Model Pendi-dikan

Sugiyono, (2012) Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunaryo, Kartadinata. 2004. Standarisasi Profesi Bimbingan Dan Konseling. Konvensi Nasional. Divisi-Divisi ABKIN, Malang 12-13 Agustus 2004.

Walgito, Bimo. 2002. Pengantar Psikologi Umum. Yokyakarta : Penerbit Andi.

Whitesell, Kristi. 1990. Counseling the Gifted, whitekh@mail. perrymont. lynchburg.org

Yusuf, A. M. 2014. Metodologi Penelitian: Kuantitatif, kualitatif, dan penelitian gabungan.Jakarta: Kencana Prenada Media Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpbk.v3i2.3934

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


IPI