LAYANAN INFORMASI DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN BELAJAR MAHASISWA STKIP PGRI SUMATERA BARAT

Romi Fajar Tanjung, Neviyarni Neviyarni, Firman Firman

Abstract


Mahasiswa masih memiliki keterampilan belajar yang buruk ketika proses perkuliahan misalnya ribut saat perkuliahan, membuka hp dan laptop untuk tujuan chatting di sosial media, bermain game dan lain sebagainya. Layanan informasi membantu memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai informasi yang dibutuhkan terutama informasi dalam peningkatan keterampilan belajar yang harus dimiliki oleh mahasiswa itu sendiri. penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan belajar mahasiswa melalui layanan informasi. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 34 orang. Analisis data menggunakan persentase. Penelitian menunjukkan bahwa layanan informasi efektif dalam meningkatkan keterampilan belajar.

 

Kata kunci: layanan informasi, mahasiswa, keterampilan belajar

Keywords


layanan informasi

Full Text:

PDF

References


Abimanyu, S. & Manrihu, T. (2006). Teknik dan Laboratorium Konseling. Jakarta: Depdiknas.

Adiwaty, M. R., & Fitriyah, Z. (2015). Efektivitas Strategi Penyesuaian Mahasiswa Baru pada Proses Pembelajaran di Perguruan Tinggi (Studi Pada UPN ”Veteran” Jawa Timur). Jurnal Neo-Bis, 9(1), 87–97.

Arsyad, A. (2007). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Fatimah, E. (2006). Psikologi Perkembangan. Bandung: Pustaka Setia.

Fatmawati, H. R. (2013). Pelaksanaan Praktik Bimbingan Konseling Layanan Orientasi dan Informasi Berdasarkan Manajemen Mutu ISO 9001:2008. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 1(2), 95-100.

Gie. T. L. (2002). Cara Belajar yang Efisien. Yogyakarta: Pusat Belajar Ilmu Berguna.

Gusniwilda, A., Yarmis & Nurfarhanah. 2014. Sikap dan Kebiasaan Belajar Mahasiswa. Jurnal Konselor, 3(2), 41-45.

Hallen, A. (2005). Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Ciputat Press.

Hartinah, G., Wibowo, M. E. & Tadjri, I. (2015). Pengembangan Model Layanan Informasi Karir Berbasis Life Skills untuk Meningkatkan Pemahaman dalam Perecanaan Karir Siswa SMA. Jurnal Bimbingan Konseling, 4(1), 43-48.

Hidayati, R. (2015). Layanan Informasi Karir Membantu Peserta Didik dalam Meningkatkan Pemahaman Karir. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 1(1), 1-10.

Istiah. (2015). Layanan Informasi Berbasis Pengukuran Psikologi untuk Kemantapan Pemilihan Studi Lanjut Siswa Kelas XII IPA 5 SMAN 1 Bae Kudus Tahun 2014 / 2015. 5(1), 1-11.

Kartadinata, S., dkk. (2007). Rambu-rambu Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta: Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Tenaga Pendidikan.

Kreniske, P. (2017). How First-Year Students Expressed Their Transition to College Experiences Differently Depending on The Affordances of Two Writing Contexts. Journal Computers and Composition, 45, 1–20.

Natalia, N., Firman & Daharnis. (2015). Efektivitas Layanan Informasi dengan Menggunakan Media Audio Visual dalam Meningkatkan Sikap Siswa terhadap Kedisiplinan Sekolah. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 3,(2), 40-48.

Nurihsan, A. J. (2009). Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan. Refika Aditama: Bandung

Ossai, M. C. (2011). Study Habit Predicts Examination Behaviour: An Imperative for Enhancing Quality of College Guidance and Counselling. Mediterranean Journal of Social Sciences, 2(4), 23-28.

Prayitno & Amti, E. (2004). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Prayitno, Mudjiran, Sano, A., & Daharnis. (n.d). Alat Ungkap Masalah (AUM) PTSDL seri format 1: Mahasiswa. Padang: Universitas Negeri Padang.

Prayitno. 2007. Peningkatan Potensi Mahasiswa. Padang: UNP Press.

Purwoko, B. (2008). Organisasi dan Managemen Bimbingan Konseling. Surabaya: Unesa University Press.

Rahyubi, H. (2012). Teori-teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Bandung: Nusa Media.

Riaz, A., Kiran, A., & Malik, N. H. (2002). Relationship of Study Habits with Educational Achievements. International Journal Of Agriculture & Biology, 4(3), 370-371.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugihartono. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sukardi, D. K. (2003). Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Sumiati & Asra. (2007). Metode Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.

Tunde, O., Oke, O. K., & Alam, G. M. (2010). An Investigation Into Students’ Study Habit Involumetric Analysis in the Senior Secondary Provision: A Case Study in Ondo State, Nigeria. African Journal of Pharmacy and Pharmacology, 12(1), 23-46.

Walgito, B. (2004). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi.

Willis, S. S. (2007). Konseling Individual Teori dan Praktek. Bandung: Alfabeta.

Winkel & Hastuti, S. (2006). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogjakarta: Media Abadi.

Zahri, T. N., Yusuf, A. M., & Neviyarni, S. (2017). Hubungan Gaya Belajar dan Keterampilan Belajar dengan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Konselor, 6(1), 18–23.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpbk.v3i2.3937

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


IPI