Self-Esteem Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri Se-Kota Yogyakarta

Mufied Fauziah, Aprilia Setyowati, Siti Muyana

Abstract


Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk memaparkan kondisi self-esteem yang ada pada siswa SMK di Kota Yogyakarta. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif jenis survey deskriptif. Jumlah subjek dalam penelitian sebanyak 193 siswa SMK yang berasal dari SMK Negeri se-Kota Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Pengukuran self-esteem akan dilakukan dengan menggunakan skala self-esteem yang akan diadopsi dari Hare Self-Esteem Scale (HSES). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif. Analisis ini dilakukan dengan mendeskripsikan tingkat self-esteem siswa SMK se-Kota Yogyakarta, sehingga akan diketahui persentase siswa yang memiliki self-esteem dalam kategoti tinggi, sedang dan rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat self-esteem siswa SMK Negeri Se-Kota Yogyakarta berada pada kategori sedang dengan persentase 55,44%, kategori tinggi dengan persentase 44,56% dan kategori rendah dengan persentase 0%. Data tersebut menunjukkan bahwa siswa SMK Negeri Se-Kota Yogyakarta memiliki self esteem yang baik, artinya siswa mampu mengevaluasi dan menilai diri secara positif baik dilihat dari tiga area pokok interaksi remaja yaitu home, peer dan school. Besaran masing-masing komponen self esteem siswa yaitu home sebesar 39,02%, komponen school sebesar 34,29%, dan komponen peer sebesar 26,68%. Artinya siswa memiliki persepsi yang hampir sama baik.nya mengenai tiga area pokok dalam self-esteem siswa SMK Negeri Se-Kota Yogyakarta.


Full Text:

PDF

References


Aharony, N. (2001). Librarians’ attitudes towerd knowledge management. College I Research Libraries 72 no 2: 111-126

Atwater and Duffy, (2002). Psychology for Living : Adjustment, Growth, and Behavior Today 7th Edition. New Jersey: Pearson Education.

Baumeister, R. F., Campbell, J. D., Krueger, J. I., & Vohs, K. D. (2003). Does High Self esteem Cause Better Performance, Interpersonal Success, Happiness, or Healthier Lifestyles?.Psychological Science in the Public Interest, 4(1): 1-44

Bosson, J. K., Brown, R. P., Zeigler-Hill, V., & Swann, W. B., Jr. (2003). Selfenhancement tendencies among people with high explicit self esteem:The moderating role of implicit self esteem. Self and Identity, 2, 169-187.

Bulanda, R.E. & Majumdar, D. (2009). Perceived Parent-Child Relations and Adolescent Self esteem. Journal of Child Family Study. 18: 203-212

Coopersmith, S. (1967). The antecedents of Self esteem. San Fransisco. W.H. Freeman and Company.

Desmita. (2012). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Du, Hongfei et al. (2014). Relational Self esteem, Psychological Well-Being, and Social Support in Children Affected by HIV. Journal of Health Psychology. Vol. XX(X): 1-11

Erol, R. Y., & Orth, U. (2011). Self esteem development from age 14 to 30 years: A longitudinal study. Journal of Personality and Social Psychology, 101, 607-619

Fox, Kenneth R. (2000). Physical Activity and Psychological Well-Being: The Effects of Exercise on Self-Perceptions and Self esteem. London: Routledge

Goguen, L. M. S., Hiester, M. A., & Nordstrom, A. H. (2010). Associations among peer relationships, academic achievement, and persistence in college. Journal of College Student Retention: Research, Theory and Practice, 12, 319-337.

Heatherton, T. F., & Wyland, C.L. (2003). Assessing self esteem: Positive Psychology Assessment. Washington DC: American Psychological Association.

Holland, J.L. (1985). Making vocational choices: A theory of careers. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall.

Hooper, Jeni. (2012). What Children Need to Be Happy, Confident and Successful: Step by Step Positive Psychology to Help Children Flourish. London: Jessica Kingsley Publisher

Parker, J., & Benson, M. (2004). Parent-adolescent relations and adolescent functioning: Self esteem, substance abuse, and delinquency. Adolescence, 39, 519–530.

Shoemaker, A.L. (1980). Construct Validity of Area Specific Self esteem: The Hare Self esteem Scale. Educational and Psychological Measurement. 40: 495-501

Simmons, S & Simmons J.C. (1997). Measuring Emotional Intelegence: The Groundbreaking Guide to Applying the Principles of Emotional Intelligence. Texas: The Summit Publishing Group.

Smith, E. R., & Mackie, D. M. (2007). Social Psychology (3rd edition). Philadelphia: Psychology Press.

Wang, Chia-Chic W. & Sound, Castaneda Carrie. (2008). The Role of Generational Status, Self esteem, Academic Self-Efficacy, and Perceived Social Support in Collede Students’ Psychological Well-Being. Journal of College Counseling Association. Vol 11: 101-118




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpbk.v4i1.5004

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


IPI