KOMUNITAS MUSIK HARDCORE STRAIGHT EDGE DI KABUPATEN BATANG (Kajian Tentang Analisis Bentuk Musik dan Aktivitasnya)

Dadang Dwi Septiyan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan menjelaskan kajian analisis bentuk musik dan aktivitas komunitas musik hardcore straight edge di Kabupaten Batang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan fokus penelitian komunitas musik hardcore straight edge di Kabupaten Batang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara mereduksi, penyajian data dan menyimpulkan semua informasi secara benar. Hasil penelitian menunjukan bahwa musik hardcore straight edge tersusun atas komponen utama dan tambahan. Komponen utama musik hardcore straight edge umumnya berbentuk lagu tiga bagian. Apabila dilihat dari hasil analisis motifnya, musik hardcore straight edge mempunyai keseragaman motif, yaitu motif figurasi. Dalam lagu tersebut terdapat keseragaman pola harmoni yang dapat ditunjukkan bahwa kadens yang dipakai untuk frase pertanyaan berupa kadens otentik sempurna, dan kadens yang terdapat dalam frase jawaban berupa kadens setengah (dominan). Komunitas hardcore straight edge merupakan komunitas yang awalnya memiliki nilai negatif, namun sering berkembangnya komunitas hardcore straight edge nilai tersebut sedikit redam pada perspektif masyarakat.

 


Keywords


musik hardcore straightedge, bentuk musik, dan aktivitas.

Full Text:

PDF

References


Abdilah, Sukron. 2006. Hidup Sehat Ala Anak Punk. Bandung: DAR! mizan Publishing House.

Budidharma, Pra. 2001. Pengantar Komposisi Dan Aransemen. Jakarta: Media Komputindo

Haenfler, Ross. 2006. Straight Edge: Clean-Living Youth, Hardcore Punk, and Social Change. New Brunswick, New Jersey, and London: Rutgers University Press.

Hillery, George A. 1982. A Research Odyssey: Developing and Testing a Community Theory. New Jersey: Transaction, Inc.

Ibrahim, Idi Subandy. 1997. Ecstasy, Gaya Hidup: Kebudayaan Pop dalam Masyarakat Komoditas Indonesia. Bandung: DAR!mizan Publishing House.

Jamalus. 1998. Pengajaran Musik Melalui Pengalaman Musik. Jakarta: Depdikbud.

Mack, Dieter. 2004. Musik Kontemporer dan Persoalan Interkultural. ARTI

Moleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Piliang, Yasrif Amir. 2005. Dunia Yang Dilipat: Tamasya Melampaui Batas-batas Kebudayaan. Yogyakarta: Jalasutra




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpks.v2i1.2510

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats
  • Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Copyright @Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. All right reserved p-ISSN 2503-4626 | e-ISSN 2528-2387