PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS MAHASISWA DALAM MATA KULIAH KOMPOSISI TARI

Dwi Junianti Lestari, Alis Triena Permanasari, Fuja Siti Fujiawati

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui penerapan model Project Based Learning (PJBL) untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif, yang mendeskripsikan dan mengungkapkan tentang proses dan hasil kreativitas pembelajaran komposisi tari pada mahasiswa pendidikan sendratasik FKIP Untirta. Subjek penelitian adalah mahasiswa pendidikan sendratasik FKIP Untirta konsentrasi tari semester VI tahun akademik 2017/2018 yang menempuh mata kuliah komposisi tari berjumlah 10 mahasiswa. Objek penelitian adalah kreativitas, proses dan hasil karya tari. Produk karya tari berfungsi sebagai bahan menguji dan menilai kompetensi peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan kreativitas mahasiswa dalam mata kuliah komposisi tari, dapat dilihat dari proses dan hasil yang ditampilkan pada saat pementasan. Sedangkan rekomendasi dalam penelitian ini, perlu manajemen waktu yang baik agar produk yang dihasilkan sesuai dengan perencanaan. Selain itu penerapan PjBL dapat merangsang kemampuan menyampaikan ide maupun gagasan berupa produk tari.

 


Keywords


Project Based Learning, Kreativitas, Komposisi Tari.

Full Text:

PDF

References


Bender, William N. 2012. Project Based Learning: Differentiating Instructions for the 21st Century. California: Corwin.

Hadi, Y. Sumandiyo. 2007. Sosiologi Tari. Yogyakarta.Pustaka.

. 2011, Koreografi: Bentuk-Teknik-Isi. Yogyakarta: Cipta Media.

Hughes, Fergus P. 2010. Children, Play, and Development 4th Ed. California: SAGE Publication.

Muliawati. 2010. Penerapan Project Based Learning untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa. (Skripsi), UPI Bandung.

Munandar, Utami. 2004. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Murgiyanto, Sal. 1983. Koreografi Pengetahuan Dasar Komposisi Tari. Jakarta: Depertemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Narawati, dkk. 2008. Pendidikan Seni dan Perubahan Sosial Budaya. Bandung: Nusa Media.

Ngalimun. 2013. Strategi Dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Presindo.

Rand, Gunvor. 1981. Different Theoretical Views of Creativity. Oslo: University of Oslo.

Sardiman, A.M, 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sani, Ridwan Abdullah. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sugiyanto. 2008. Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13.

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Belajar. Bandung: Rossda Karya.

Tohirin. 2012. Metode Penelitian Kualitatif Dalam Pendidikan dan Bimbingan Konseling – Pendekatan Praktid untuk Peneliti Pemula dan Dilengkapi dengan Contoh Transkip Hasil Wawancara Serta Model Penyajian Data. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Waras, Kamdi. 2007. Project Based Learning: Pendekatan Pembelajaran Inovatif. Semarang: UNS Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpks.v2i2.2513

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats
  • Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Copyright @Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. All right reserved p-ISSN 2503-4626 | e-ISSN 2528-2387