Proses Kreatif Uloh Abdullah Sebagai Seniman Rebab

Rian Permana

Abstract


Judul penelitian kajian terhadap karya di bidang seni ini bertujuan menjawab permasalahan tentang: Bagaimana upaya Uloh Abdullah dalam mencapai puncak keprofesiannya sebagai seniman Sunda. Prinsip dan kiat apa saja yang ia terapkan dalam berprofesi. Dan karya-karya nyata apa saja yang telah dikontribusikannya pada dunia seni. Hal ini menjadi penting untuk dikaji mengingat Uloh Abdullah merupakan seniman yang memiliki keseimbangan antara praktik (skill) dengan pengetahuan (knowledge) meskipun beliau bukan seniman yang terlahir dari akademisi. Diharapkan Kajian dari penelitian ini dapat menjawab tiga pertanyaan permasalahan di atas sedetail mungkin. Bukan sekedar menceritakan perjalanan seluk beluk karier seorang seniman yang dicapai dan dimiliki seniman, tetapi yang lebih penting adalah diperolehnya kajian keilmuan dan nilai-nilai tambahan sumber pengetahuan, wawasan, dan pencerahan bagi orang yang membacanya. Hal ini sangat penting bagi para pelajar, calon seniman, dan masyarakat luas sebagai bahan pembelajaran perjalanan hidup dan apresiasi tentang bagaimana seorang tokoh berhasil pada bidangnya.

 


Keywords


Seniman Rebab Kreatif

Full Text:

PDF

References


Hedi, Cahya. 2000 “Asep Sunandar Sunarya, Tokoh Dan Kreator Pedalangan Sunda”, Tesis Program Pascasarjana. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Soepandi,Atik dkk. 1977 Penuntun Pengajaran Karawitan Sunda. Bandung: Mekar Rahayu.

Supriadi, Dedi.

Kreativitas, Kebudayaan & Perkembangan Iptek. Bandung: Alpabeta

Tabrani, Primadi

Kreativitas & Humanitas. Yoyakarta: Jalasutra.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpks.v3i1.4068

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats
  • Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Copyright @Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. All right reserved p-ISSN 2503-4626 | e-ISSN 2528-2387