Kurangnya Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Seni Budaya di SMAN 3 Kota Serang Provinsi Banten

Suhaya Suhaya, Dian Ahmad, Rian Permana

Abstract


Abstrak : Proses pembelajaran seni budaya selain guru, media pun sangat berperan dalam keberlangsungan aktivitas belajar. Peran guru sangat berpengaruh langsung terhadap proses pembelajara, apalagi ketika guru melibatkan siswa-siswi secara langsung dalam kegiatan pembelajaran. Pada kesempatan ini guru seni budaya SMAN 3 Kota Serang menggunakan media angklung dengun metode demontrasi yang langsung bisa dirasakan oleh siswa, dan media angklung sangat tepat karena selain melatih, kedisiplinan, tanggung jawab, serta membentuk karakter siswa dalam menggunakan olah rasa.

 


Keywords


Angklung, Seni Budaya, Metode Demontrasi

Full Text:

PDF

References


Abdul, Majid. (2011). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Bandi, dkk. (2009). Pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Islam Departemen Agama RI.

Campbell, P.S. & Kassner, C.S. (2010). Music in Childhood From Preschool through the Elementary Grades. 3rd. ed. Canada: Schirmer Cengage Learning.

Hamzah, B. Uno dan Masri Kuadrat. (2010). Mengelola Kecerdasan dalam Pembelajaran: Sebuah Konsep Pembelajaran Berbasis Kecerdasan. Jakarta: PT Bumi aksara.

Djamarah & Aswan Zain. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sunarti, Sahrain. (2012). Meningkatkan kemampuan musikal anak melalui permainan alat music tradisional jenis angklung di kelompok B Paud Rahmat kecamatan Duhiadaa Kabupaten Puhowato. Sripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontal




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpks.v4i2.6905

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats
  • Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Copyright @Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. All right reserved p-ISSN 2503-4626 | e-ISSN 2528-2387