GAMBARAN LEVEL SUBMIKROSKOPIK UNTUK MENUNJUKKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI PERSAMAAN KIMIA DAN STOIKIOMETRI

Robby Zidny, Wahyu Sopandi, Ali Kusrijadi Kusrijadi

Abstract


Submicro diagrams can be used as an assessment to determine the understanding of chemical concepts. Students can visualize a concept and develop a mental model for the concept through the submicro diagrams. The purpose of this study was to get submicroscopic level description that shows students understanding to chemical equations and stoichiometry. This research used descriptive method. The subjects were 10 grade high school students in Bandung. The research instrument is a diagnostic test of concepts understanding that involve the use of submicro diagrams. The results of diagnostic tests shows that only a small percentage of students are categorized in the level of understanding of concepts. While the rest are scattered into the level understand  the concepts partially, understand the concepts with specific misconceptions, misconceptions and do not understand the concept. Students  did not have full understanding of the concepts and  misconceptions is due to  weakness ability of students to interpreting the explanation of symbolic form into the submicro diagram model and vice versa

Diagram submikroskopik dapat digunakan sebagai alat uji untuk mengetahui pemahaman konsep kimia. Siswa dapat memvisualisasikan konsep dan mengembangkan model mental untuk konsep tersebut melalui diagram submikroskopis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran level submikroskopik yang menunjukan pemahaman konsep siswa pada materi persamaan kimia dan stoikiometri. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa SMA kelas 10 di Kota Bandung. Instrumen penelitian berupa tes diagnostik pemahaman konsep yang melibatkan penggunaan diagram submikroskopik. Hasil tes diagnostik pemahaman konsep dengan menggunakan diagram submikroskopik menunjukkan bahwa hanya sebagian kecil siswa yang termasuk dalam tingkat paham konsep. Sedangkan sisanya tersebar kedalam tingkat paham sebagian konsep, paham sebagian dengan spesifik miskonsepsi, miskonsepsi dan tidak paham konsep. Tidak dimilikinya pemahaman konsep secara utuh dan miskonsepsi pada siswa salah satunya disebabkan oleh lemahnya kemampuan siswa dalam menafsirkan penjelasan dari bentuk simbolik ke dalam bentuk model diagram submikroskopik dan sebaliknya.



Keywords


Diagram Submikroskopik; Pemahaman Konsep; Persamaan Kimia; Stoikiometri

Full Text:

PDF (Indonesian)


DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppi.v1i1.326

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA

Creative Commons License

Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Copyright © 2023 Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA. All rights reserved.