ANALISIS KESULITAN BELAJAR KIMIA SISWA DI SMAN X KOTA TANGERANG SELATAN

Erika Ristiyani, Evi Sapinatul Bahriah

Abstract


Abstract

This study aims to determine the level of difficulty of learning chemistry students at SMAN X South Tangerang City. This research was conducted in the second semester of the academic year 2013/2014. The method used in this study was descriptive qualitative method. Sample was taken by purposive sampling. Data collection techniques obtained through questionnaire which was then analyzed descriptively. The results showed an average percentage score of 70.15 which fall into the medium category. While the average for each indicator identified causes learning difficulties students on chemical subjects including physiological factors (physical / sensory) 74.5% (high category), psychology 69.78% (medium category), social aspects 68% (Category medium), infrastructure 58.75% (medium category), a method of learning 77% (high class), and a teacher of 77.17% (high category).

Keywords: Learning Disabilities; Chemistry; Qualitative descriptive.

Abstrak

 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesulitan belajar kimia siswa di SMAN X Kota Tangerang Selatan. Penelitian ini dilakukan pada semester genap pada tahun pelajaran 2013/2014. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sampel diambil secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui instrumen kuesioner yang kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukan persentase skor rata-rata sebesar 70,15 yang termasuk ke dalam kategori sedang. Sedangkan rata-rata untuk tiap indikator yang teridentifikasi menyebabkan kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran kimia diantaranya faktor fisiologis (jasmani/panca indera) sebesar 74,5% (Kategori tinggi), psikologi 69,78% (Kategori sedang), aspek sosial 68% (Kategori sedang), sarana dan prasarana 58,75% (Kategori sedang), metode belajar 77% (Kategori tinggi),  dan guru sebesar 77,17% (Kategori tinggi).

Kata kunci: Kesulitan Belajar; Kimia; Deskriptif Kualitatif.


Keywords


Kesulitan Belajar; Kimia; Deskriptif Kualitatif

Full Text:

PDF (INDONESIAN)

References


Arifin, M. 2004. Strategi Belajar Mengajar Kimia. Bandung. UPI.

Anggraeni. 2016. Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Perkuliahan dan Praktikum Kimia Dasar di Jurusan Biologi FKIP UNISBA. Jurnal Konstruktivisme. 8 (1):2445-2355.

Bennett, M. E. 1952. Problems of Self-Discovery and Self-Direction. New York. Mc-Graw Hill.

Darminto. 2006. Pembelajaran Kimia yang Berkualitas. Jurnal Kimia dan Pendidikan Kimia “Chemica”, Edisi Khusus 2 Oktober 2006. Universitas Negeri Makassar.

Hakim, A. Hypnosis in Teaching: Cara Dahsyat Mendidik & Mengajar. Jakarta. Visimedia

Jurnal Pendidikan. 2009. Identifikasi Masalah Kesulitan Dalam Pembelajaran Kimia SMA Kelas X Di Propinsi Bandar Lampung. MIPA–FKIP Universitas Lampung.

Jurnal Pendidikan. 2009. Kesulitan Belajar Kimia bagi Siswa Sekolah Menengah. Surakarta. UPT Perpustakaan UNS.

Marsita, R. A., S. Priatmoko, dan E. Kusuma. 2010. Analisis Kesulitan Belajar Kimia Siswa SMA dalam Memahami Materi Larutan Penyangga dengan Menggunakan Two-Tier Multiplechoice Diagnostic Instrument. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. 4 (1): 512-520

Salirawati. 2002. Strategi Siwa dalam Mengatasi Kesulitan Belajar. Makalah disampaikan pada kegiatan orientasi siswa baru SLTP N 15 Yogyakarta, tanggal 17 Juli 2002. Tidak diterbitkan.

Suryabrata. 1986. Psikologi Pendidikan. Jakarta. Rajawali

Sudijono, A. 2009. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta. Rajawali Pers.

Sudjana, N. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Syah, M. 2005. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.

Yulianto. 2015. Kesulitan Belajar Peserta Didik Tinggal Kelas di Sekolah Dasar. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Purwokerto.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppi.v2i1.431

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Copyright © 2019 Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA. All rights reserved.