MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA SMP/MTs DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI KONFLIK KOGNITIF

Suhandri Suhandri

Abstract


Kemampuan pemahaman matematis, dan sikap positif siswa terhadap matematika merupakan komponen utama yang harus dimiliki oleh seorang siswa dalam  menguasai konsep matematika dan sebagai dasar menyelesaikan masalah matematika, maupun masalah sehari-hari. Salah satu cara mengembangkan kemampuan ini adalah dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalah dengan strategi konflik kognitif. Strategi ini merupakan pembelajaran yang berdasarkan masalah, dimana pada masalah yang dikemukakan terdapat fakta, keadaan, situasi yang mempertentangkan struktur kognisi siswa. Dalam situasi ini terjadi konflik antara pengetahuan yang dimiliki siswa dengan situasi yang sengaja diciptakan. Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan pemahaman matematis dan sikap siswa SMP/MTs kelas VII Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa MTs kelas VII di kota Pekanbaru. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tes kemampuan pemahaman matematis siswa, skala sikap siswa terhadap matematika. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan antara pembelajaran dengan menggunakan strategi konflik kognitif dengan pembelajaran tradisional dan apakah dapat meningkatkan pemahaman matematis siswa dan bagaimana sikap siswa terhadap pelajaran matematika yang menerima pembelajaran berbasis masalah dengan strategi konflik kognitif.

 

Kata Kunci: Pemahaman Matematis, Strategi Konflik Kognitif, Sikap Siswa


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v9i2.1003

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Jakarta Km 4 Pakupatan Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: jppm@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika