PENGGUNAAN STRATEGI TTW(THINK-TALK-WRITE) DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA MTsN RAWAMERTA KARAWANG

Hanifah Nurus Sopiany, Ipah Syarifatul Hijjah

Abstract


Hasil observasi penulis melalui program PLP yang dilakukan di salah satu sekolah menengah pertama di kabupaten karawang yang dilakukan selama dua bulan, menunjukkan adanya kelemahan siswa dalam kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis. Lemahnya kemampuan pemecahan masalah matematis terlihat dari tidak tercapainya hasil latihan dan test yang disesuaikan dengan indikator pemecahan masalah matematis. Sedangkan lemahnya disposisi matematis ditunjukkan dengan pernyataan negatif lebih banyak daripada pernyataan positif yang dikemukakan siswa pada lembar observasi dan lembar wawancara yang dibuat oleh penulis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hasil pembelajaran matematika yang baik dengan menggunakan strategi TTW dengan pendekatan kontekstual terhadap kemampuan pemecahan masalah  matematis dan disposisi pemecahan masalah  matematis siswa. Pengujian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah  quasi eksperimen dengan bentuk non equivalent control grup design. Subyek penelitian ini terdiri kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan 47 siswa untuk masing-masing kelasnya. Pengumpulan data dengan menggunakan pemberian tes kemampuan pemecahan masalah dan angket disposisi pemecahan masalah  matematis, yang dianalisis menggunakan bantuan software SPSS 22 for windows. Berdasarkan data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran TTW dengan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan disposisi pemecahan masalah matematis.

 

Kata Kunci: Think Talk Write, Pendekatan Kontekstual, Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Pemecahan Masalah Matematis.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v9i2.1007

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Ciwaru No 25 Kota Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: jppm@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika