PENGEMBANGAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS KECERDASAN GANDA TERHADAP MOTIVASI DAN SIKAP BELAJAR PESERTA DIDIK

Indra Martha Rusmana, Sudiyah Anawati, Abdul Karim

Abstract


Tujuan pembelajaran akan mencapai hasil yang maksimal apabila pembelajaran berjalan secara efektif, yaitu pembelajaran yang memudahkan peserta didik untuk mempelajari sesuatu yang bermanfaat seperti fakta, keterampilan, nilai, konsep, dan bagaimana hidup serasi dengan sesama. Pembelajaran hendaknya tidak menganut paradigma transfer of knowledge semata, yang artinya peserta didik hanya menjadi obyek dari belajar. Tetapi harus mampu mengembangkan semua potensi kecerdasan yang dimiliki oleh peserta didik. Kecerdasan (intelligence) yang dimiliki oleh peserta didik yang dirumuskan oleh  Howard Gardner yaitu The Seven Types of Intelligence adalah Spatial-Visual, Linguistic, Interpersonal, Musical, Bodily-kinesthetic, Intrapersonal dan Logical mathematical. Kemudian oleh Bobbi de Porter ditambahkan satu kecerdasan lagi yaitu Naturalist. Sehingga hadirlah istilah SLIM-n-BIL. Salah satu tujuan dari pengembangan metode pembelajaran berbasis kecerdasan ganda  adalah untuk memotivasi peserta didik dalam belajar matematika dan memiliki sikap yang positif terhadap pembelajaran matematika, dengan adanya perangkat pembelajaran yang dikembangkan, diharapkan para peserta didik dapat lebih aktif dalam proses pembelajaran, selain itu peserta didik dapat mengalami pembelajaran yang menyenangkan.

 

Kata kunci : Kecerdasan Ganda, Motivasi, Sikap.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v10i1.1195

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Ciwaru No 25 Kota Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: jppm@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika