PENINGKATAN KEMAMPUAN GEOMETRI SPASIAL SISWA SMP MELALUI PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN GEOGEBRA

Rizki Dwi Siswanto, Yaya S Kusumah

Abstract


Penelitian ini didasarkan pada permasalahan masih rendahnya kemampuan geometri spasial siswa dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan GeoGebra terhadap peningkatan kemampuan geometri spasial. Penelitian yang dilakukan merupakan studi kuasi eksperimen dengan desain berbentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII salah satu SMP di Jakarta dan pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini terdiri dari dua kelompok, yaitu  kelompok dengan pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan GeoGebra dan kelompok dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes kemampuan geometri spasial dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan geometri spasial siswa yang memperoleh pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan GeoGebra lebih baik secara signifikan daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional.

 

Kata kunci: Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, GeoGebra, Kemampuan Geometri Spasial.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v10i1.1196

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Ciwaru No 25 Kota Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: jppm@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika