PERBANDINGAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THE POWER OF TWO DAN MAKE A MATCH

Yusi Yusniati, Novaliyosi Novaliyosi, Khairida Iskandar

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan pemahaman konsep matematis yang dibutuhkan dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang menerima model pembelajaran kooperatif tipe The Power Of Two Dan Make A Match serta untuk mengetahui motivasi belajar siswa setelah proses pembelajaran selesai. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Cilegon tahun ajaran 2016/2017, dengan teknik Purposive Sampling yaitu mengambil dua kelas secara acak dari kelas yang ada. Instrumen yang digunakan yaitu tes uraian kemampuan pemahaman konsep matematis dan skala motivasi belajar. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa: 1) Tidak terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang menerima model pembelajaran kooperatif tipe The Power Of Two dengan siswa yang menerima model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match, 2) Tidak terdapat perbedaan motivasi belajar antara siswa yang menerima model pembelajaran kooperatif tipe The Power Of Two dengan siswa yang menerima model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match, 3) Kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang menerima model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match lebih baik daripada siswa yang menerima model pembelajaran kooperatif tipe The Power Of Two, 4) Motivasi belajar antara siswa yang menerima model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match lebih baik daripada siswa yang menerima model pembelajaran kooperatif tipe The Power Of Two.

 

Kata kunci : Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Motivasi Belajar, Pembelajaran kooperatif, Make a Match, The Power of Two.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v10i1.1197

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Ciwaru No 25 Kota Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: jppm@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika