STRATEGI METAKOGNITIF DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Amir Zubaidah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki penggunaan strategi metakognitif dalam pembelajaran matematika oleh siswa dan guru. Populasi penelitian adalah siswa dan guru matematika MTs Al-Muttaqin berakreditasi A dan MTs Al-Fajar Pekanbaru yang berakreditasi B. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII dan Guru mata pelajaran Matematika pada kedua sekolah tersebut. Data kuantitatif dikumpulkan melalui angket yang diberikan kepada siswa dan guru. Rata-rata siswa masih jarang menggunakan strategi metakognitif dalam pembelajaran matematika dengan rataan 2,73. Begitu juga untuk guru-gurunya, secara umum juga masih jarang menggunakan strategi metakognitif, terlihat dari  nilai rata-ratanya hanya 2,54. Strategi yang paling tinggi atau sering digunakan oleh siswa secara umum adalah tutor sebaya rataan 3,1, dan yang paling  jarang digunakan adalah Evaluating the way of thinking and acting dengan rataan 2,4. Melalui uji perbedaan (uji-t) dapat disimpulkan bahwa secara umum tidak terdapat perbedaan penggunaan strategi metakognitif dalam pembelajaran matematika pada siswa kedua sekolah. Untuk guru, strategi yang paling sering digunakan dalam pembelajaran matematika adalah pembelajaran kooperatif dengan rataan 3,33, dan yang paling jarang digunakan adalah meminta siswa berthink-aloud baik dengan dirinya sendiri maupun secara berpasangan dengan nilai rataan 1,5 dan 1,667. Temuan ini memberikan kontribusi untuk menguatkan pentingnya melatih srategi metakognitif dalam pembelajaran matematika khususnya think-aloud dalam setting kooperatif.

 

Kata kunci: Strategi Metakognitif, Pembelajaran Matematika.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v10i1.1198

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Ciwaru No 25 Kota Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: jppm@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika