ANALISIS KESALAHAN MAHASISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH PADA MATERI HIMPUNAN DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF

Restu Lusiana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan apa saja yang sering dilakukan mahasiswa dalam memecahkan masalah matematika pada materi himpunan ditinjau dari gaya kognitif. Gaya kognitif dibagi menjadi gaya kognitif Field Independence dan gaya kognitif Field Dependence. Penelitian dilakukan pada mahasiswa semester III program studi pendidikan matematika IKIP PGRI Madiun tahun ajaran 2015/2016. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan strategi penelitian yaitu deskriptif kualitatif. Subjek penelitian menggunakan pemilihan sampel bertujuan (purposive sample), dipilih 4 subjek penelitian, 2 subjek memiliki gaya kognitif Field Independence dan 2 subjek memiliki gaya kognitif Field Dependence. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes yang meliputi tes tertulis dan GEFT, metode wawancara dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dengan teknik triangulasi metode dengan langkah-langkah dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.Hasil penelitian ini dapat dipaparkan sebagai berikut: mahasiswa dengan gaya kognitif Field Independence cenderung melakukan kesalahan dalam mengorganisasikan data dan kesalahan dalam menarik kesimpulan, sedangkan mahasiswa dengan gaya kognitif Field Dependence cenderung melakukan kesalahan prosedural dalam menggunakan prosedur pekerjaan, kesalahan dalam mengorganisasikan data, kesalahan dalam melakukan manipulasi secara sistematis dan kesalahan dalam menarik kesimpulan.

 

Kata kunci: Kesalahan Mahasiswa, Pemecahan Masalah, Himpunan, Gaya Kognitif.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v10i1.1290

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Jakarta Km 4 Pakupatan Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: jppm@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika