TEACHERS’ BELIEF DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DAN FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA

sugeng sutiarso

Abstract


Teachers’ belief atau keyakinan guru merupakan salah  satu  bagian penting dari  kompetensi guru; yaitu kompetensi kepribadian dan memiliki peranan yang strategis dalam  keberhasilan  belajar matematika siswa. Keyakinan guru ini meliputi dua bagian, yaitu keyakinan guru terhadap manfaat matematika dalam kehidupan sehari-hari dan mengajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif berbentuk studi kasus, yang bertujuan untuk mendeskripsikan keyakinan guru dalam pembelajar matematika dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Subjek penelitian adalah guru matematika SMA yang tergabung dalam MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) Se-Kabupaten Lampung Timur berjumlah 60 orang. Data penelitian dikumpulkan melalui teknik angket dan wawancara, dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini  menunjukkan bahwa (1) keyakinan guru dalam pembelajaran matematika tergolong sedang (rerata 2,54 dengan skala 4), dan (2) faktor yang mem-pengaruhinya adalah (a) strata pendidikan; keyakinan guru berpendidikan S2 lebih baik daripada berpendidikan S1/D3, (b) jenis sekolah; keyakinan guru dari sekolah negeri lebih tinggi daripada sekolah swasta, (c) lama mengajar; keyakinan guru mengalami peningkatan secara bertahap mulai 0 sampai 20 tahun, dan mengalami penurunan setelah 20 tahun, dan (d) keikutsertaan pelatihan; keyakinan guru semakin meningkat bila semakin banyak mengikuti pelatihan.


Full Text:

PDF

References


Bingimlas, Khalid & Hanrahan, Mary. 2010. The Relationship Between Teachers Beliefs and Their Practice How The Literature Can Inform Science Education Reformers And Researchers. [Online]. Tersedia: http:Academia.Edu/194360. [1 Agustus 2016].

Borg, Michaela. 2011. Teachers’ belief. [Online]. ELT Journal Volume 55/2 April 2001 Oxford Univesity Press. Tersedia: http://eltj.oxfordjournals. org/ content/55/2/186.full.pdf. [15 Februari 2012].

Chenqian. 2007. Teachers’ Beliefs And Mathematics Curriculum Reform: A Story of Chongqing. Article in faculty of Education, The University Of Hong Kong.

Chong, Sylvia. 2004. Pre-service Teachers’ Beliefs, Attitudes and

Expectations: A Review of the Literature. National Institute of Education Nanyang Technological University Press.

Gultom, Syawal. 2013. Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013. Jakarta: Tanpa Penerbit.

Hanyokrokusumo, Priyandono. 2013. Untuk Dapat Giliran Diklat Guru Perlu 50 Tahun. Kompasiana, hal 1.

Hidayat, Aceng. 2007. Peranan Keyakinan Guru terhadap Hakikat dan Belajar Mengajar Sains terhadap Pengembangan Profesionalisme. Cakrawala Pendidikan. Februari 2007, Th. XXVI. No.1. [Online]. Tersedia: http:// eprints.uny.ac.id/554/1/peranan_keyakinan_guru.pdf. [10 Februari 2012].

Mendikbud. 2 Nopember, 2016. Kelemahan Guru Kita Kurang Percaya Diri.Tribunnews, halaman 1.

Permendiknas No. 16 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. 2007. Jakarta: Tanpa Penerbit.

Sopiana, Ardella Zenra dan Rusli, Zaili. 2012. Analisis Perbandingan Kinerja Guru Pegawai Negeri Sipil dengan Guru Pengawai Swasta di Kabupaten Rokan Hulu. [Online]. Tersedia: http://repository.unri.ac.id/xmlui/Jurnal.pdf?. [1 Agustus 2017].

Undang-Undang No. 14 tentang Guru dan Dosen. 2005. Jakarta: Tanpa Penerbit.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v10i2.1958

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Ciwaru No 25 Kota Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: jppm@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika