TEACHER'S BELIEF DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA

Sugeng Sutiarso

Abstract


Teachers’ belief atau keyakinan guru merupakan salah  satu  bagian penting dari  kompetensi guru; yaitu kompetensi kepribadian dan memiliki peranan yang strategis dalam  keberhasilan  belajar matematika siswa. Keyakinan guru ini meliputi dua bagian, yaitu keyakinan guru terhadap manfaat matematika dalam kehidupan sehari-hari dan mengajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif berbentuk studi kasus, yang bertujuan untuk mendeskripsikan keyakinan guru dalam pembelajar matematika dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Subjek penelitian adalah guru matematika SMA yang tergabung dalam MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) Se-Kabupaten Lampung Timur berjumlah 60 orang. Data penelitian dikumpulkan melalui teknik angket dan wawancara, dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini  menunjukkan bahwa (1) keyakinan guru dalam pembelajaran matematika tergolong sedang (rerata 2,54 dengan skala 4), dan (2) faktor yang mem-pengaruhinya adalah (a) strata pendidikan; keyakinan guru berpendidikan S2 lebih baik daripada berpendidikan S1/D3, (b) jenis sekolah; keyakinan guru dari sekolah negeri lebih tinggi daripada sekolah swasta, (c) lama mengajar; keyakinan guru mengalami peningkatan secara bertahap mulai 0 sampai 20 tahun, dan mengalami penurunan setelah 20 tahun, dan (d) keikutsertaan pelatihan; keya-kinan guru semakin meningkat bila semakin banyak mengikuti pelatihan.

 

Kata kunci: Keyakinan Guru, Pembelajaran Matematika.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

JPPM, Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika. Journal is published by Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (print) and Jurnal Untirta (eprint).

Publisher Address: Jl. Raya Jakarta Km 4 Pakupatan Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia. Telepon/Fax: (0254) 280330 Ext 111, Email: jppm@untirta.ac.id | Click to access: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika 

JPPM has been indexed at: Google Scholar I DOAJ I Indonesia OneSearch IPI (Indonesian Publication Index) I BASE

p-ISSN: 1979-3545; e-ISSN: 2528-628X

Published by Jurnal Untirta, part of the Universitas Sultan Ageng Tirtayasa


View My Stats