PENGEMBANGAN LKS BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MATERI ARITMETIKA SOSIAL KELAS VII

Resty Neli Prisiska, Hapizah Hapizah, Muhammad Yusuf

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menghasilkan LKS (Lembar Kerja Siswa) dengan model problem based learning pada materi aritmetika sosial yang valid dan praktis di kelas VII, dan (2) mengetahui efek potensial dari LKS terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode Design Research tipe Development Study. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VII SMP Negeri 1 Indralaya Utara yang berjumlah 32 siswa. Tahapan penelitian yang dilakukan meliputi tahap persiapan, tahap formative evaluation terdiri dari self evaluation, pengembangan, dan field test. Teknik pengumpulan data adalah dengan walkthrough, observasi, tes, dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh tiga LKS materi aritmetika sosial berbasis problem based learning yang valid dan praktis. Valid terlihat dari hasil penilaian validator, dimana validator mengomentari LKS prototype one dari segi konten, konstruk dan bahasa. Praktis terlihat dari hasil ujicoba small group, dimana berdasarkan analisis lembar jawaban siswa didapat bahwa siswa sudah mampu menyelesaikan setiap tahapan yang ada dan dari lembar komentar siswa didapat bahwa LKS yang diberikan mudah dikerjakan. LKS yang dikembangkan memiliki efek potensial terhadap hasil belajar dari ranah kognitif (pengetahuan), afektif (sikap), maupun psikomotorik (keterampilan). Pada ranah kognitif  sebanyak 25 siswa  (78,125%) mendapat nilai , pada ranah afektif semua siswa sudah menunjukkan sikap jujur dan responsif terlihat dari hasil observasi selama pengerjaan LKS, serta pada ranah psikomotorik semua siswa sudah baik keterampilannya terlihat pada hasil unjuk kerja siswa.

 

Kata kunci: Aritmetika Sosial, Lembar Kerja Siswa, Problem Based Learning.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

JPPM, Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika. Journal is published by Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (print) and Jurnal Untirta (eprint).

Publisher Address: Jl. Raya Jakarta Km 4 Pakupatan Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia. Telepon/Fax: (0254) 280330 Ext 111, Email: jppm@untirta.ac.id | Click to access: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika 

JPPM has been indexed at: Google Scholar I DOAJ I Indonesia OneSearch IPI (Indonesian Publication Index) I BASE

p-ISSN: 1979-3545; e-ISSN: 2528-628X

Published by Jurnal Untirta, part of the Universitas Sultan Ageng Tirtayasa


View My Stats