PENGARUH PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN STRATEGI DRILL TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MAHASISWA

Rika Sukmawati

Abstract


Pemahaman mahasiswa terhadap konsep-konsep matematika sekolah dapat dikatakan kurang terutama pada mata kuliah pembelajaran matematika SMA. Banyak mahasiswa yang tidak bisa memenuhi standarisasi untuk kelulusan mata kuliah pembelajaran matematika SMA. Tujuan penelitian yang dilakukan adalah apakah terdapat  perbedaan dan peningkatan pemahaman kosep matematika antara mahasiswa yang mendapat pembelajaran interaktif  strategi drill dengan mahasiswa yang mendapat pembelajaran langsung. Metode yang digunakan adalah metode quasi eksperimen dengan 2 kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen, kelas kontrol menggunakan pembelajaran langsung, sedangkan untuk kelas eksperimen menggunakan pembelajaran interaktif dengan strategi drill. Berdasarkan hasil analisa data uji hipotesis perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika dengan menggunakan uji t pada taraf signifikan 0,05 diperoleh nilai signifikansi (Sig.) sebesar 0,000 < 0,05, maka tolak H0 terima H1 dengan demikian terdapat pengaruh pembelajaran interaktif dengan strategi drill terhadap pemahaman konsep matematika. Uji hipotesis peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika dengan menggunakan uji t pada taraf signifikan 0,05 diperoleh nilai signifikansi (Sig.) sebesar 0,000 < 0.05, maka tolak H0 terima H1 dengan demikian terdapat peningkatan pemahaman konsep matematika dengan pembelajaran interaktif dengan strategi drill.

 

Kata Kunci: Pembelajaran interaktif, Strategi Drill, Pemahaman Konsep Matematis.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2034

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Jakarta Km 4 Pakupatan Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: jppm@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika