ANALISIS HAMBATAN BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH STATISTIKA

Muhammad Arie Firmansyah

Abstract


Pendidikan merupakan bimbingan atau pertolongan yang diberikan dengan tujuan agar mahasiswa bertanggung jawab melaksanakan tugas. Usaha memaksimalkan kegiatan tersebut dapat dimulai dengan meminimalkan hambatan belajar. Hambatan belajar merupakan halangan yang memperlambat fokus usaha dalam menerima pengetahuan. Sehingga pengajar akan tepat untuk memutuskan strategi pembelajaran, dengan demikian diharapkan mahasiswa dapat mengejar ketertinggalan karena hambatan tersebut. Penelitian ini tergolong dalam penelitian deskriptif kualitatif yang berupaya untuk mendeskripsikan analisis hambatan belajar mahasiswa. Subyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester 5 tahun 2016-2017 Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Tangerang yang menempuh mata kuliah Statistika. Penelitian ini berusaha memahami hambatan yang dialami mahasiswa dan mengungkap hal-hal yang dianggap sebagai faktor hambatan belajar mahasiswa pada mata kuliah Statistika. Pada penelitian ini peneliti mengumpulkan informasi melalui tes diagnostik dan wawancara pada mahasiswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa hambatan mahasiswa dalam mempelajari Statistika pada umunya terletak pada kemampuan mendasar yakni lemah konsep. Hasil penelitian yang dilakukan peneliti adalah adanya kesalahan dalam keterampilan proses, kesalahan memahami soal, dan kesalahan dalam menggunakan notasi. Alternatif mengatasi hambatan-hambatan tersebut, perlu bagi pengajar mata Statistika untuk dapat mengembangkan strategi pembelajarannya agar mahasiswa dapat lebih terasah kemampuan berfikirnya dan pengajar agar dapat memberikan latihan-latihan soal yang bervariasi kepada mahasiswa secara kontinu.

 

Kata Kunci: Hambatan Belajar, Statistika.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2036

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Jakarta Km 4 Pakupatan Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: jppm@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika