ANALISIS KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM MENYIAPKAN PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF PADA MATA KULIAH SBMM

Yenni Yenni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan mahasiswa program studi pendidikan matematika dalam menyiapkan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan meliputi perencaan dan praktik mengajar pada mata matakuliah Strategi Belajar dan Mengajar Matematika (SBMM). SBMM adalah mata kuliah yang memberikan pengetahuan dan praktik bagaimana mendesain pembelajaran matematika dengan metode, model, pendekatan dan strategi pembelajaran yang tepat sehingga pembelajaran matematika lebih bermakna, efien dan tentunya menyenangkan. Jenis penelitian adalah kualitatif deskriptif dengan Subjek penelitian seluruh mahasiswa yang mengambil mata kuliah SBMM pada semester Genap tahun akademik 2015/2016. Instrumen pengumpulan data berupa skor pada:  1) lembar penilaian rencana pelaksanaan pembelajaran, 2) lembar observasi praktik keterampilan dasar mengajar, dan 3) lembar penilaian kompetensi mahasiswa.  Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa mahasiswa program studi pendidikan matematika Univerditas Muhammadiyah Tangerang sudah mampu merencanakan dan melaksanakan pembelajaran matematika yang efektif dan menyenangkan sesuai dengan kompetensi guru yang diharapkan.

 

Kata kunci: Rencana Pembelajaran, Strategi Belajar Mengajar Matematika, Pembelajaran Efektif.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2038

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Ciwaru No 25 Kota Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: jppm@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika