PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN DISPOSISI MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA SISWA DI SMP NEGERI KECAMATAN KRAGILAN

Hadi Sutiawan, Suyono Suyono, Eti Dwi Wiraningsih

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajarankooperatif tipeĀ  think talk write (TTW) terhadap kemampuan komunikasi dan disposisi matematis siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Kragilan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen. Teknik pengumpulan data yaitu tes dan skala. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan komunikasi siswa yang mendapat model pembelajaran TTW lebih tinggi daripada pembelajaran ekspositori; (2) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan KAM terhadap kemampuan komunikasi matematis; (3) kemampuan komunikasi matematis dengan KAM tinggi yang diberi perlakuan model pembelajaran TTW lebih tinggi daripada ekspositori; (4) tidak terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan KAM rendah yang diberi perlakuan model pembelajaran TTW dengan ekspositori; (5) diposisi matematis siswa yang mendapat model pembelajaran TTW lebih tinggi daripada ekspositori; (6) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan KAM terhadap disposisi matematis siswa; (7) disposisi matematis siswa dengan KAM tinggi yang diberi perlakuan model pembelajaran TTW lebih tinggi daripada ekspositori; (8) tidak terdapat perbedaan disposisi matematis siswa dengan KAM rendah yang diberi perlakuan model pembelajaran TTW dengan ekspositori.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v13i1.2790

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Jakarta Km 4 Pakupatan Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: jppm@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika