PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DASAR MATERI VOLUME BENDA PUTAR

Alpha Galih Adirakasiwi, Attin Warmi, Adi Ihsan Imami

Abstract


ABSTRACT

The purpose of this study was determine the application of contextual teaching learning approach to improve the mastery of concepts volume of the rotary object. The study design was nonequivalent pretest-posttest control group design. Data collection technique used pretest and posttest to determine the mastery of concepts of volume of the rotary object. Hypothesis testing using t-test to compare the the mastery of concepts volume of the rotary object in the experimental class and control class, then a further test by comparing the mean (compare means) and average absolute gain Based on the research result the data show that it can be concluded that the approach of contextual learning significantly distinction of concepts volume of the rotary object.

 

Keywords:  Contextual Teaching Learning Approach, The Mastery of Concepts, Volume of The Rotary Object


Full Text:

PDF

References


Johnson, Elaine B. (2007). Contextual Teaching & Learning Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikan dan Bermakna. Bandung: Penerbit MLC.

Kurniati, Annisah. (2017). Pengaruh Penerapan model Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Perkuliahan Kapita Selekta Matematika terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika (JPPM) 10:1. Tersedia pada http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/view/1200/963.

Mulyani. (2013). Pengasuh Penerapan pembelajaran Kontekstual Terhadap Pengusaan Konsep Bahan Kimia dalam Kehidupan Sehari-hari dan Ketrampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMPN 4 Metro 2. BIOEDUKASI Volume 4.

Miadi, Okta. (2014). Penggunaan Pendekatan Teaching and Learning (CTL) Untuk meningkatkan Pengusaan Konsep Energi dan Usaha. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Sofiany, Hanifah Nurus dan AS Hijjah, Ipah Syarifatul. (2016). Penggunaan Strategi TTW (Think Talk Write) Dengan Pendekatan Kontekstual Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematis Siswa MTsN Rawamerta Karawang. Jurnal penelitian dan Pembelajaran Matematika (JPPM) 9:2. Tersedia pada http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/view/1007/1779.

Sukmawati, Rika. (2017). Pengaruh Pembelajaran Interaktif Dengan Strategi Drill terhadap kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Jurnal penelitian dan Pembelajaran Matematika (JPPM) 10:2. Tersedia pada http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/view/2034/1576.

Sumargiyani. (2006). “Penerapan Pembelajaran Kontekstual Pada Pembahasan Volume Benda Putar”. Dipresentasikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika dengan tema “Trend Penelitian dan Pembelajaran Matematika di Era ICT”. Universitas Ahmad Dahlan: Yogyakarta.

Rustaman, A. (2005). Pengembangan Kompetensi (Pengetahuan, keterampilan, Sikap, dan Nilai) Melalui Kegiatan Praktikum Biologi. Penelitian Jurusan Pendidikan Biologi FPMIPA UPI Bandung.

Rohayati, A. (2005). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Matematika Melalui pembelajaran dengan Pendekatan Kontekstual. Thesis in Post Graduate program Indonesia University of Education.Unpublished.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung : Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v11i1.3005

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Ciwaru No 25 Kota Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: jppm@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika