IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM PERKULIAHAN MATEMATIKA EKONOMI TERHADAP PEMAHAMAN MAHASISWA

Widya Dwiyanti, Anton Nasrullah

Abstract


The level of student ability in solving economic math problems is very less. Though very crucial understanding to learn the application of mathematics in economic problems. The purpose of this research is to know the application of problem-based learning model which is applied in the lecture of economic mathematics to the understanding of student learning. The method used is quasi-experiment pre-test design post-test control group design with data collection using test and attitude questionnaire. Samples were 30 students of experimental class and 31 students of the control class. The findings indicate that problem-based learning (experimental class) is better than the expository (class of control) on understanding in economic mathematics learning. Not only that, students in the experimental group show a positive attitude toward the learning of economic mathematics. The findings of this study have implications for encouraging lecturers learn how to understand environmental mathematics.

 

Keywords:  Problem-Based Learning, Understanding, Attitude.


Full Text:

PDF

References


Agustina, R., & Vahlia, I. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Masalah Pada Mata Kuliah Matematika Ekonomi Program Studi Pendidikan Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 5(2), 152-160.

Akmalia, N. N., Pujiastuti, H., & Setiani, Y. (2016). Identifikasi Tahap Berpikir Kreatif Matematis melalui Penerapan Model Problem Based Learning dengan Tugas Pengajuan Masalah. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 9(2).

Amiluddin, R., & Sugiman, S. (2016). Pengaruh problem posing dan PBL terhadap prestasi belajar, dan motivasi belajar mahasiswa pendidikan matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 100-108.

Ananggih, G. W., Yuwono, I., & Sulandra, I. M. (2017). Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Pemahaman Matematika Siswa Kelas IX SMP. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 1(1), 25-35.

Aziz, A., Ahyan, S., & Fauzi, L. M. (2016). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Melalui Lesson Study. Jurnal Elemen, 2(1), 83-91.

Budiman, H. (2011). Peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematis siswa melalui pendekatan pembelajaran berbasis masalah berbantuan software cabri 3D.

Dwijananti, P., & Yulianti, D. (2010). Pengembangan kemampuan berpikir kritis mahasiswa melalui pembelajaran problem based instruction pada mata kuliah fisika lingkungan. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6(2).

Fathurrohman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran. Universitas Negeri Yogyakarta. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. Retrieved from

http://staffnew.uny.ac.id/upload/132313272/pengabdian/model-model-pembelajaran.pdf

Fathya, Rina Nurul. 2013. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas-X Menggunakan Model PBL dengan Tugas Pengajuan Masalah. Skripsi. Semarang.

Fauziah, R., Abdullah, A. G., & Hakim, D. L. (2017). Pembelajaran saintifik elektronika dasar berorientasi pembelajaran berbasis masalah. Innovation of Vocational Technology Education, 9(2).

Hafiyusholeh, M., Asyhar, A. H., & Komaria, R. (2015). Aplikasi Metode Nilai Eigen Dalam Analytical Hierarchy Process Untuk Memilih Tempat Kerja. Jurnal Matematika "MANTIK", 1(1), 6-16.

Ismaimuza, D. (2010). Pengaruh pembelajaran berbasis masalah dengan strategi konflik kognitif terhadap kemampuan berpikir kritis matematis dan sikap siswa SMP. Jurnal pendidikan matematika, 4(1).

J. McMillan and S. Schumacher. (1997). Research in Education: A Conceptual Introduction. 4th ed. New York: Longman.

Juliawan, D. (2012). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap pemahaman konsep dan keterampilan proses sains siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Kuta Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 2(1).

Kunawangsih, Tri dan Anto Pracoyo. (2006). Aspek Dasar Ekonomi Mikro. Jakarta: PT. Grasindo.

Mariati, P. S. (2012). Pengembangan Model Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognisi dan Pemahaman Konsep Mahasiswa. Jurnal pendidikan fisika indonesia, 8(2).

Masri, M. F., Suyono, S., & Deniyanti, P. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Self-Efficacy dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika Siswa SMA. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 11(1).

Muhson, A. (2009). Peningkatan Minat Belajar dan Pemahaman Mahasiswa Melalui Penerapan Problem-Based Learning. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 39(2).

Mutakin, T. Z. (2015). Analisis Kesulitan Belajar Kalkulus 1 Mahasiswa Teknik Informatika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(1).

Mutianingsih, N. (2017). Optimalisasi Pembelajaran Matematika Ekonomi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mahasiswa Ekonomi UNIPA Surabaya Angkatan 2016. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 2(1), 11-19.

Pugalee, D.K. (2004). A Comparison of Verbalmand Written Descriptions of Students' Problem Solving, Educational Studies in Mathematics,55(1),27-47.

Purniati, T., Yulianti, K., & Sispiyati, R. (2009). Penerapan Model Siklus Belajar (Learning cycle) untuk meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa pada kapita selekta Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 9(1).

Riswanto, A. (2018). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization terhadap motivasi belajar mahasiswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 293-304.

Roh, Kyeong Ha. 2003. Problem-based Learning in Mathematics. Journal of Educational Research: DIGEST.

Rosy, B., & Pahlevi, T. (2015). Penerapan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Keterampilan Memecahkan Masalah. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi FE UNY “Profesionalisme Pendidik dalam Dinamika Kurikulum Pendidikan di Indonesia pada Era MEA.

Sanjaya, W. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sumarmo, U., Hidayat, W., Zukarnaen, R., Hamidah, Ratna, S. (2012). Kemampuan dan Disposisi Berpikir Logis, Kritis, Dan Kreatif Matematik: Eksperimen terhadap Siswa SMA Menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah dan Strategi ThinkTalk-Write, Jurnal Pengajaran MIPA, 17(1), 17-33.

Susiaty, U. D., Firdaus, M., & Hodiyanto, H. (2017). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika dalam Mempelajari Matematika Ekonomi. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(3).

Titu, M. A. (2015). Penerapan model pembelajaran project-based learning (PjBL) untuk meningkatkan kreativitas siswa pada materi konsep masalah ekonomi. Prosiding Nasional. UNY Mei.

Utomo, T., Wahyuni, D., & Hariyadi, S. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa (Siswa Kelas VIII Semester Gasal SMPN 1 Sumbermalang Kabupaten Situbondo Tahun Ajaran 2012/2013). Jurnal Edukasi, 1(1), 5-9.

Wichadee, S. (2017). A development of the blended learning model using edmodo for maximizing students’ oral proficiency and motivation. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 12(2), 137‑154. Retrieved from https://doi.org/10.3991/ijet. v12i02.6324

Widjajanti, D. B. (2011). Mengembangkan Kecakapan Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika Melalui Strategi Perkuliahan Kolaboratif Berbasis Masalah. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA. Fakultas MIPA Universitas Negeri Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v11i2.3763

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Jakarta Km 4 Pakupatan Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: jppm@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika