PENERAPAN MODEL INQUIRI TERBIMBING BERBASIS SCAFFOLDING METAKOGNITIF UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS BERDASARKAN TAHAPAN PERKEMBANGAN KOGNITIF SISWA SMA

Anissa Listiana Maharani, Hepsi Nindiasari, Abdul Fatah

Abstract


The ability of mathematical reflective thinking (KBRM) is the ability of a person to review, monitor, and process their own solutions in solving mathematical problems. To practice thinking skills, the teacher must train students according to the scheme at the stages of cognitive development so that a meaningful learning is created. Learning with a guided inquiry model based on scaffolding metacognitive (ITBSM) has a great chance of being able to improve mathematical reflective thinking skills (KBRM) of high school students. This research was conducted at SMAN 1 Baros, Serang Regency, Banten Province with a sample of class X MIPA. This study revealed an increase in the KBRM of students with the treatment of guided inquiry models based on scaffolding metacognitive (ITBSM) was better than expository learning with a sig value. 0.050 for the whole and sig. 0,000 for concrete cognitive levels. Tests were carried out descriptively and inferentially by processing data using shapiro-wilk, lavene test, parametric two-way anova test and one-way ANOVA test, Mann Whitney U non parametric test and Wallis H. Kruskall test.

 

Keywords : Mathematical Reflective Thinking Ability, Guided Inquiry, Scaffolding, Metacognitive


Full Text:

PDF

References


Chrisnawati, H E, dkk (2015). Penerapan Strategi Arcs Dengan Pemberian Scaffolding : Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika dan Pembentukan Karakter Mahasiswa Pada Mata Kulah Matematika Dasar. JMEE, Volume V Nomor 2. Halaman ..... Tersedia https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=2924344. Diakses pada 18 Februari 2018 20.46 WIB.

Chrissanti, M, I, dkk (2015). Kefektifan Pendekatan Metakognitif Ditinjau Dari Prestasi Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis, Dan Minat Belajar Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, Volume 2 Nomor 1. Halaman ..... Tersedia https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=2924344. Diakses pada 28 Maret 2018 21.40 WIB

Dahar-Wilis, R. (1996). TEORI-TEORI BELAJAR. (Ulfah, Ed.). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. (Anna, Ed.) (2nd ed.). Bandung.

Nindiasari, H, dkk (2016). “Pengembangan Bahan Ajar Untuk Meningkatkan Tahapan Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis”. Jurnal Prosiding ISBN: 978-979-16353-6-3 Volume 9, Nomor 1, Halaman ..... Tersedia : http://eprints.uny.ac.id. Diakses pada 16 Februari 2018 Pukul 18.52 WIB.

Nindiasari, H, dkk (2016). “Desain Didaktis Tahapan Kemampuan dan Disposisi Berpikir Reflektif Berdasarkan Gaya Belajar”. Jurnal Kependidikan, Volume 46, Nomor 2, Halaman ..... Tersedia : http://http://journal.uny.ac.id. Diakses pada 19 Januari 2018 Pukul 04.47 WIB.

Nindiasari, H, (2004). Pembelajaran Metakognitif untuk Meningkatkan Pemahaman dan Koneksi Matematis Siswa SMU Ditinjau dari Perkembangan Kognitif Siswa. Tesis Magister pada PPs UPI. Bandung : Tidak diterbitkan.

Nindiasari, H, (2013). Meningkatkan Kemampuan dan Disposisi Berpikir Reflektif Matematis serta Kemandirian Belajar Siswa SMA melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Metakognitif. Disertasi Doktor pada PPs UPI. Bandung : Tidak diterbitkan.

Nindiasari, H, dkk (2014). “Pendekatan Metakognitif Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa SMA”. Edusentris: Jurnal Ilmu Penididikan dan Pengajaran, Volume 1, Nomor 1, Halaman ..... Tersedia : http://http://journal.uny.ac.id. Diakses pada 19 Januari 2018 Pukul 04.47 WIB.

Nindiasari, H, (2010). “Meningkatkan Disposisi Berpikir Reflektif Matematis Melalui Pembelajaran Dengan Pendekatan Metakognitif”. Program Studi Peniddikan Matematika, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Halaman ..... Tersedia : http://http://journal.uny.ac.id. Diakses pada 19 Januari 2018 Pukul 04.48 WIB.

NCTM (2000). “Principles and Standards for School Mathematics”. United States Of America : The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.

Rahman, Abdul; Ahmar, A. S. (2016). Exploration of mathematics problem solving process based on the thinking level of students in junior high school. International Journal of Environmental and Science Education, 11(14), 7278–7285. https://doi.org/10.5281/zenodo.240664.

Romsih, O, (2019). “Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Problem Solving Ditinjau Dari Tahapan Perkembangan Kognitif Siswa. Supremum Journal of Mathematics Education (SJME), Volume 3, Nomor 1. Tersedia https://journal.unsika.ac.id/index.php/supremum. Diakses pada 02 Januari 2018 Pukul 4.46 WIB.

N.K., Roestiyah. (2001). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. RINEKA CIPTA.

Saltifa, P. (2015). Penerapan Metode Inkuiri Terbimbing Dengan Pendekatan Creative Problem Solving Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Pemecahan Masalah Matematus, Serta Dampaknya Terhadap Self-Efficacy Siswa SMP. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Sani, B. (2016). Perbandingan Kemampuan Siswa Berpikir Reflektif dengan Siswa Berpikir Intuitif di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 4(2), 63–75.

Sugiyono. (2017). Statistika Untuk Penelitian (Edisi Best). Bandung: ALFABETA, CV.

Sumarmo, U. (2015). Berpikir Dan Disposisi Matematik Serta Pembelajarannya. (D. Suryadi, Turmudi, & E. Nurlaelah, Eds.) (Kumpulan M). Bandung: Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, UPI.

Subandar, J, (20xx). “Berpikir Reflektif dalam Pembelajaran Matematika”. Halaman 94-104 Tersedia : http://file.upi.edu/Direktori/FPMIPA/JUR._PEND._MATEMATIKA/194705241981031-JOZUA_SABANDAR/KUMPULAN_MAKALAH_DAN_JURNAL/Berpikir_Reflektif2.pdf.Diakses pada 16 Februari 2018 Pukul 16.32 WIB.

Masamah, U, (2017). “Peningkatan Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa SMA Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematika”. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, Volume 1, Nomor 1, Halaman .....

Sani, B, (2016). “Perbandingan Kemampuan Siswa Berpikir Reflektif dengan Siswa Berpikir Intuitif di Sekolah Menenga Atas”. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, Volume 4, Nomor 2, Halaman ..... Tersedia : http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms. Diakses pada 18 Maret 2018 Pukul 04.40 WIB.

Sumarmo, U, dkk, (2012). “Kemampuan dan Disposisi Berpikir Logis, Kritis, dan Kreatif Matematik”. Jurnal Pengajaran MIPA, Volume 17, Nomor 1, Halaman ..... Tersedia : http://journal.fpmipa.upi.edu/index.php/jpmipa/article/view/228 Diakses pada 08 April 2018 Pukul 00.23 WIB.

Tisngati, U, (2015). “Proses Berpikir Reflektif Mahasiswa Dalam Pemecahan Masalah Pada Materi Himpunan Ditinjau Dari Gaya Kognitif Berdasarkan Langkah Polya”. Beta p-ISSN : 2085-5893/ e-ISSN : 2541-0458, Volume 8, Nomor 2, Halaman ..... Tersedia : http://jurnalbeta.ac.id Diakses pada 16 Februari 2018 18.52 WIB.

Trianto. (2010). Model Terpadu : Konsep, Strategi & Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Penididikan. Jakarta : Bumi Aksara

Rahman, A, (2016). “Exploration of Mathematics Problem Solving Process Based on The Thinking Level of Students in Junior High School”. International Journal of Enviromental & Science Education 2016, Volume 11, Nomor 14 Halaman ..... Tersedia https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=2924344. Diakses pada 28 Maret 2018 15.23 WIB

Mukhlisah, A M, (2015). “Pengembangan Kognitif Jean Piaget dan Peningkatan Belajar Diskalkulia”. Jurnal Kependidikan Islam, Volume 6, Nomor 2, Halaman ..... Tersedia https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=2924344. Diakses pada 23 Februari 2018 21.16 WIB.

Tobin, K G, (2015). “Pengembangan Kognitif Jean Piaget dan Peningkatan Belajar Diskalkulia”. Jurnal Kependidikan Islam, Volume 6, Nomor 2, Halaman ..... Tersedia https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=2924344. Diakses pada 23 Februari 2018 21.16 WIB.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v13i1.4724

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Jakarta Km 4 Pakupatan Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: jppm@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika