PENGARUH KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA TERHADAP KEPERCAYAAN DIRINYA

Sarah Inayah, Gia Adilah Nurhasanah

Abstract


The purpose of this research is to know: (1) Mathematical representation ability and self confidence owned by VII-7 class students of SMP Negeri 2 Cianjur; (2) The Influence of mathematical representation ability on their self confidence of VII-7 class students of SMP Negeri 2 Cianjur. Subjects in this study were 35 students of VII-7 class students of SMP Negeri 2 Cianjur. The research method used in this research is correlation analysis which is causal research by using quantitative approach. Test and non-test data used in data collection technique. Test data were obtained by measuring student’s mathematical representation abilities while non-test data were obtained through questionnaires of self confidene. The correlation coefficient r = 0.761, r2 = 0.579 and the coefficient of determination is 57,9%. Based on it is known that mathematical representation ability give positive influence to self confidene equal to 57,9% while 42.1% influenced other factor not measured in this research.

 

Keywords:  Mathematical Representation Ability, Self Confidence


Full Text:

PDF

References


Al-Maqassary, Ardi. (2014). Pengertian Rasa Percaya Diri. [online]. Tersedia : http://www.e-jurnal.com/2014/03/pengertian-rasa-percaya-diri.html. [18 Januari 2016]

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi. 2007. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta

Arnidha, Yunni. 2016. Peningkatan Kemampuan Representai matematis melalui model pembelajaran kooperatif Think Pair Share. Jurnal e-DuMath. 2, (1), 128-131.

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 pasal 1 ayat 1 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Fadillah, Syarifah. 2008. Meningkatkan Kemampuan Representasi Multipel Matematis, Pemecahan Masalah Matematis, dan Self Esteem Siswa SMP melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Open Ended. Tesis pada Program Pasca Sarjana UPI Bandung.

Hendriana, Heris. Soemarmo, Utari. 2014. Penelitian Pembelajaran Matematika. Jakarta: Refika Aditama

Huda, Miftahul. 2013. Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Huda, Miftahul. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung

Murtafiah dan Nursafitri Amin. 2018. Pengaruh Gaya Kognitif dan Gender Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika. 11, (1), 75-82. Tersedia pada:

http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/view/2986/2317

Mudzakkir, H. S. (2006). Strategi Pembelajaran “Think-Talk-Write” untuk Meningkatkan Kemampuan Representati Matematik Beragam Siswa SMP. Tesis pada Program Pasca Sarjana UPI Bandung

National Council of Teacher of Mathematic. 2000. Principle and Standard for School Mathematics. Reston, VA: NCTM

Pitriyani, Aflich, Pamila, dan Mira. 2018. Analisis Kemampuan Koneksi Matematik Siswa MTS Ditinjau dari Self Confidence. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika. 11, (1), 105-115. Tersedia pada:

http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/view/2989/2320

Sari, Rafika, Dewi. (2011). Pengaruh Kepercayaan Diri dan Aktivitas Belajar melalui Model PBL (Problem Based Learning) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Segiempat di SMPN 3 Ungaran. Skripsi pada Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang

Setiadi, Hari. Et al. 2011. Kemampuan Matematika Siswa SMP Indonesia Menurut Benchmark Internasional TIMSS 2011. Jakarta : Pusat Penelitian Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sudiantini, Dian dan Nurjanah Dewi Shinta. 2018. Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Penalaran Matematis Siswa. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika. 11, (1), 177-186. Tersedia pada:

http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/view/2996/2327

Yulianti, Isti, Kusnandi. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Pengalaman Tipe Knisley-Mulyana Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Jurnal e-DuMath. 12. (2), 78-84.

Zarkasyi, Wahyudin. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v12i1.4852

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Ciwaru No 25 Kota Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: jppm@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika