KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI BENTUK TES DAN DISPOSISI MATEMATIS

Maya Oktaviani, Wardani Rahayu, Anan Sutisna

Abstract


Kemampuan koneksi matematis menjadi salah satu tujuan pembelajaran yang penting. Peningkatan kemampuan koneksi matematis dapat dicapai melalui kegiatan pembelajaran yang direncanakan dengan baik melalui latihan soal yang sesuai serta pengenalan karakteristik peserta didik, salah satunya disposisi matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bentuk tes dan disposisi matematis terhadap kemampuan koneksi matematis peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2. Sampel sebanyak 86 peserta didik yang berasal dari dua sekolah. Sampel dibedakan menjadi dua kelompok yang masing-masing diberi latihan soal berbentuk esai dan pilihan ganda. Selanjutnya diberikan instrumen disposisi matematis untuk pengelompokkan disposisi matematis tinggi dan rendah. Pada akhir perlakuan, sampel diberikan instrumen tes yang mengukur kemampuan koneksi matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan koneksi matematis peserta didik yang diberi tes esai lebih baik daripada peserta didik yang diberi tes pilihan ganda dan tidak terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara pengaruh bentuk tes dan disposisi matematis terhadap kemampuan koneksi matematis peserta didik.

 

Kata kunci: Kemampuan Koneksi Matematis, Bentuk Tes, Disposisi Matematis


Full Text:

PDF

References


Coxford, A. F. (1995). “The Case for Connections” dalam Connecting Mathematics across the Curriculum, eds. P. A. House dan A. F. Coxford. Reston: NCTM. Tersedia di: https://eric.ed.gov/?id=ED384524

Dwirahayu, G. & Firdausi. (2016). “Pengaruh Gaya Berpikir terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Mahasiswa.” Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, Vol. 9 (2), 210-221. Tersedia di: http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/view/999

Fauzi, M. A. (2015). “The enhancement of student’s mathematical connection ability and self-regulation learning with metacognitive learning approach in Junior High School.” 7th International conference on Research and Educations in Mathematics, 174-179. Tersedia di: https://ieeexplore.ieee.org/abstract/document/7357048/

Isnaini, M & J A A K Hitu. (2017). “Pengaruh Bentuk Tes Formatif dan Sikap Belajar terhadap Hasil Belajar Membaca Bahasa Arab.” Journal of Arabic Studies, Vol. 2 (1), 47-53. Tersedia di: http://journal.imla.or.id/index.php/arabi/article/view/25

Katz, L. G. (1993). Dispositions as educational goals. Urbana: ERIC Clearinghouse on Elementary and Early Childhood Education.

Mahmudi, A. (2010). “Tinjauan Asosiasi antara Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Disposisi Matematis.” Makalah disajikan pada Seminar Nasional Pendidikan Matematika di FMIPA UNY, 17 April 2010, 1-11.

National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston: NCTM.

Novrida, L. (2010). “Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Bentuk Tes Formatif terhadap Hasil Belajar Matematika dengan Mengontrol Intelegensi Siswa.” Journal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 16 (3), h. 300-310. Tersedia di: http://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/index.php/jpnk/article/view/521

Oche, E. S. (2015). “Recent Issues in the Construction and Scoring of Multiple-Choice Items in Examinations.” The International Journal of Humanities & Social Studies, Vol. 3 (6), 201-207. Tersedia di: https://www.researchgate.net/publication/319187774_Emaikwu_SO_2015_Recent_issues_in_the_construction_and_scoring_of_multiple-choice_items_in_examinations_Journal_of_Humanities_and_Social_Studies_3_6_201-211_The_journal_is_available_online_at_httptheij

Pitriyani, P., et al. (2018). “Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa MTs DItinjau dari Self Confidence.” Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, Vol. 11 (1), 105-115. Tersedia di: http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/view/2989/2320

Pusat Penilaian Pendidikan. (2016). Panduan Penulisan Soal Tahun 2016. Jakarta: Balitbang Kemdikbud.

Rohendi, D. (2012). “Developing E-Learning Based on Animation Content for Improving Mathematical Connection Abilities in High School Students.” IJCSI International Journal of Computer Science Issues, Vol. 9, Issue 4, No 1, 1-5. Tersedia di: www.ijcsi.org/papers/IJCSI-9-4-1-1-5.pdf

Scouller, K. (1998). “The influence of assessment method on students’ learning approaches: Multiple choice question examination versus assignment essay,” Higher Education, Vol. 35, 453-472. Tersedia di: https://link.springer.com/article/10.1023/A:1003196224280

Siregar, N. A. R., P. D. Sampoerna, & L. E. Hakim. (2018). “Pengaruh Model Pembelajaran CORE terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Disposisi Matematis Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika Siswa SMA Negeri di Jakarta Timur.” Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, Vol. 11 (1), 187-196. Tersedia di: http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/view/2997/2328

Sugiman. (2008). “Koneksi Matematik dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama.” Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 4 (1), 56-67. Tersedia di: https://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras/article/view/687

Sukardi. (2008). Evaluasi Pendidikan; Prinsip dan Operasionalnya. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Sumarmo, U. (2012). “Pendidikan Karakter serta Pengembangan Berfikir dan Disposisi Matematik dalam Pembelajaran Matematika.” Makalah disajikan dalam Seminar Pendidikan Matematika di NTT, 25 Februari 2012: 1-26.

Wahyudin. (2008). Pembelajaran dan Model-model Pembelajaran. Bandung: UPI.

Wahyuni, A. A. Y., N. K. Suarni, & I N. Marhaeni. (2014). “Pengaruh Penggunaan Bentuk Tes terhadap Hasil Belajar Membaca Bahasa Indonesia dengan Kovariabel Motivasi Berprestasi pada Siswa Kelas XII SMA Pariwisata PGRI Dawan Klungkung.” Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Vol. 4, 1-6. Tersedia di: http://119.252.161.254/e-journal/index.php/jurnal_ep/article/download/1231/963

Wijaya, P. A. (2016). "Frekuensi Tes dan Bentuk Soal Tes serta Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi." Journal of Accounting and Business Education, Vol 1 (2), 1-16. Tersedia di: http://journal.um.ac.id/index.php/jabe/article/view/6022




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v12i2.6158

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Jakarta Km 4 Pakupatan Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: jppm@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika