PENGARUH PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIS

Nurrohmat Nurrohmat, Maman Fathurrohman, Cecep Anwar Hadi Firdos Santosa

Abstract


Pemecahan masalah matematis dapat dimaknai sebagai kegiatan untuk melakukan penyelesaian masalah non-rutin yang sifatnya matematis dengan membutuhkan pengetahuan sebelumnya untuk menyelesaikannya. Pembelajaran penemuan terbimbing dapat menjadi alternatif yang dapat diterapkan yang menempatkan pembelajaran di antara siswa dan guru. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat pengaruh pembelajaran penemuan terbimbing dan kemampuan awal matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen. Sampel penelitan ini adalah siswa kelas XI IPA disalah satu SMA di Kabupaten Lebak provinsi Banten. Instrumen pemecahan masalah matematis merujuk dari Sumarmo (2006) dengan empat indikator pemecahan masalah matemtis. Pengujian statistik menggunakan anova dua jalur. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh model pembelajaran penemuan terbimbing terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Siswa dengan KAM di atas rata-rata lebih baik dari siswa KAM di bawah rata-rata dalam capaian pemecahan masalah matematis. Pengaruh pembelajaran penemuan terbimbing lebih baik dari pembelajaran konvensional dalam capaian kemampuan pemecahan masalah matematis signifikan pada siswa dengan KAM atas, sedangkan siswa dengan KAM bawah belum menunjukan pengaruh yang berbeda.

 

Kata Kunci : kemampuan pemecahan masalah matematis, pembelajaran penemuan terbimbing, kemampuan awal matematis.


Full Text:

PDF

References


Asri, E. Y., & Noer, S. H. (2015). Guided Discovery Learning dalam Pembelajaran Matematika. In Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika UNY (pp. 891–896).

Fitriani, I., & Lestari, H. P. (2017). Efektifitas Model penemuan Terbimbing dan Problem Based Learning Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 6, 77–86.

Fraenkel, J. R., & Wallen, N. E. (2009). How to Design and Evaluate Research in Education (seven). McGraw-Hill.

Harel, G. (2017). What is Mathematics? A Pedagogical Answer to a Philosophical Question, 265–290.

Hutagalung, R. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Guided Discovery Berbasis Budaya Toba Di SMP Negeri 1 Tukka. Journal of Mathematics Education and Science, 2(2), 70–77.

Khisty, L. L., & Chval, K. B. (2007). Pedagogic Discourse and Equity in Mathematics: When Teachers’ Talk Matters. Mathematics Education Research Journal, 14(3), 4–18.

Lazonder, A. W., & Harmsen, R. (2016). Meta-Analysis of Inquiry-Based Learning : Effects of Guidance. Review of Educational Research, 86(3), 681–718. https://doi.org/10.3102/0034654315627366

Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learnning). EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 76–85.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. United States of America: The Nasional Council of Mathematics, Inc.

Ramadhani. (2018). Pengaruh Pembelajaran Penemuan Terbimbing Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa, 1(1), 104–110.

Rochani, S. (2016). Keefektifan Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah dan Penemuan Terbimbing Ditinjau dari Hasil Belajar Kognitif Kemampuan Berfikir Kreatif. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 273–283.

Rosita, N. T., & Yuliawati, L. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Materi Aljabar SMP Berdasarkan Disposisi Matematis. Symmetry Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 2(1), 123–128.

Setiawan, W. (2015). Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Matematis Siswa SMP dengan Menggunakan Model Penemuan Terbimbing. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwang, 2(1).

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D (22nd ed.). Bandung: Alfabeta.

Sumarmo, U. (2006). Pembelajaran untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Matematika. In Kumpulan Makalah Berpikir dan Disposisi Matematika serta Pembelajarannya (pp. 75–89). Bandung: UPI Press.

Ulfa, K., Buchori, A., & Murtianto, Y. H. (2017). Efektifitas Model Guided Discovery Learnning untuk Vidio Pembelajaran dalam Mengetahui Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 2(2), 267–275.

Widjajanti, D. B. (2009). Kemampuan Penyelesaian Masalah Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika: Apa dan Bagaimana Mengembangkannya. In Seminar Nasional FMIPA UNY (pp. 1–11). Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v12i2.6159

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika)

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Ciwaru No 25 Kota Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: jppm@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika