PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

Umi Fara, Sri Hastuti Noer, Undang Rosidin

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk 1) Mengembangkan LKPD berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa, 2) Menguji keefektifan LKPD berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 16 Bandar Lampung tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini mengacu pada prosedur Research And Development dari Borg and Gall yang disederhanakan menjadi tujuh tahap. Data dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif dan hasil belajar kognitif dengan N-gain ternormalisasi untuk mengetahui keefektifan LKPD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan LKPD berbasis inkuiri terbimbing dikategorikan baik karena terdapat peningkatan komunikasi matematis yang diukur dengan menggunakan N-gain ternormalisasi diperoleh skor rata-rata 0,760 dan LKPD yang dikembangkan mampu meningkatkan kemampuan kemampuan komunikasi matematis siswa. Kesimpulan dari penelitian dan pengembangan ini adalah LKPD berbasis inkuiri terbimbing efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.

 

Kata Kunci: Inkuiri Terbimbing, LKPD, Komunikasi Matematis


Full Text:

PDF

References


Borg, W.R. dan Gall, M.D. 1989. Educational Research: An introduction, Fifthy Edition. Newyork: Longman.

Chairani, Z. 2014. Profil Metakognisi Siswa SMP dalam Pemecahan Masalah Aljabar Berdasarkan Kemampuan Siswa. Disertasi. Pascasarjana S3. Universitas Negeri Surabaya. (UNESA).

NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Reston: NCTM.

Organisation for Economic Cooperation and Development (OECD). 2016. Pisa 2015 Results Vol 1. Excellence and Equity in Education. [Online]. Tersedia http://www.oecd-ilibrary. Org. Diakses pada 21 oktober 2017.

Permendiknas. 2006. Permendiknas No.22 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan dasar dan Menengah. Jakarta: Menteri Pendidikan Nasional.

Pimm, D (1996). Meaningful Communication Among Chil dren: Data Collection. Dalam Portia C. Elliot dan Margaret J. Kenney (Eds.), (h.29-34). Communication in Mathematics K-12 and Beyond. Virginia: NCTM

Rooney, Caitriona. 2012. How Am I Using Inquiry-Based Learning to Improve My Practice and to encourage Higher Order ThinkingAmong My Students of Mathematics?. Educational Jurnalof Living Theories, Vol. 5, No. 2. [Online]. Tersedia: http://ejolts.net/node/200. Diakses pada 3 November 2017.

Sanjaya, Winna. 2008. Perencanaan & Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

TIMSS. 2014. TIMSS 2014 Mathematics Frame Works. [Online]. Tersedia: https://timssandpirls.bc.edu/timss2015/frameworks.html. Diakses pada 30 Oktober 2017.

Wahyudin. 2008. Pembelajaran dan Model-model Pembelajaran. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Wardhani, S dan Rumiati. 2011. Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP: Belajar dari PISA dan TIMSS. Kementerian Pendidikan Nasional: Yogyakarta. PPPPTK Matematika.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v12i2.6160

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika)

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Ciwaru No 25 Kota Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: jppm@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika