PENERAPAN MODEL C-MID TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI BANGUN RUANG DI SD

Ulwan Syafrudin, Edwita Edwita, Melyana Indiarsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model C-MID dalam meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah pada materi bangun ruang kelas V SDN Lempong Sari. Objek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VB SD Lempongsari. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan metode penelitian analisis data deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan antara lain tes evaluasi dan lembar observsi aktivitas belajar siswa. Di dalam penelitian ini terdapat dua siklus dengan perolehan aktivitas belajar siswa pada siklus 1 sebesar 71,6% dan siklus II sebesar 83,3%. Dari hasil kedua siklus pada aktivitas belajar siswa terdapat peningkatan signifikan sebesar 11,7%. Hasil tersebut didukung pula oleh peningkatan hasil belajar dari tes tertulis sebagai hasil akhir yang merupakan interpretasi dari pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa, diantaranya siklus I perolehan hasil belajar sebesar 26,67% dan siklus II sebesar 66,67%. Dengan demikian disimpulkan bahwasannya adanya peningkatan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah melalui penerapan model C-MID pada materi bangun ruang siswa kelas V SDN Lempongsari Tahun Ajaran 2018.

Kata Kunci: C-MID, Pemahaman Konsep, Pemecahan Masalah


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v12i2.6179

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Jakarta Km 4 Pakupatan Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: jppm@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika