PENGEMBANGAN KELAS VIRTUAL UNTUK MENINGKATKAN KECAKAPAN KOMUNIKASI MATEMATIS PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR

Nurul Awaliyah, Aan Hendrayana, Aan Subhan Pamungkas

Abstract


Pengembangan kelas virtual matematika untuk siswa kelas VIII dilatarbelakangi oleh belum adanya inovasi media pembelajaran online yang bersifat fleksibel dan dapat membantu siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) mengetahui kelayakan kelas virtual sebagai media pembelajaran matematika pada materi bangun ruang sisi datar, dan (2) mengetahui peningkatan kecakapan komunikasi matematis siswa setelah menggunakan kelas virtual pada materi bangun ruang sisi datar. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ciruas. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan mengadaptasi model pengembangan ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) secara umum kelas virtual yang dikembangkan sangat layak digunakan sebagai pendukung pembelajaran dengan hasil uji ahli media dan ahli materi memperoleh kriteria cukup valid, uji praktisi pendidikan memperoleh kriteria sangat praktis, serta uji coba terbatas memperoleh kriteria sangat praktis, dan (2) peningkatan kecakapan komunikasi matematis siswa setelah menggunakan kelas virtual pada materi bangun ruang sisi datar sangat baik karena memperoleh nilai gain ternormalisasi dengan kriteria tinggi. Kesulitan yang ada dalam penelitian pengembangan ini antara lain durasi yang cukup lama untuk menyelesaikan tahap development, dan pengoperasian kelas virtual memelurkan jaringan internet yang kuat. Solusi untuk mengatasi kesulitan tersebut dapat dengan mengoptimalkan kemahiran teknologi dan menyiapkan jaringan internet yang kuat.

 

Kata kunci: pengembangan, kelayakan, kelas virtual, komunikasi matematis, matematika

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v12i2.6224

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Jakarta Km 4 Pakupatan Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: jppm@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika