PROFIL SELF EFFICACY MAHASISWA CALON GURU PADA MATA KULIAH TEORI DAN PRAKTEK PENGAJARAN MIKRO PENDIDIKAN MATEMATIKA

Putri Wahyuni, Fitriana Yolanda

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil self efficacy mahasiswa calon guru pada mata kuliah teori dan praktek pengajaran mikro pendidikan matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan subjek seluruh mahasiswa Pendidikan Matematika semester VI Universitas Islam Riau yang berjumlah 94 orang. Sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel jenuh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi dengan teknik pengumpulan data berupa angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil analisis data berdasarkan indikator-indikator untuk setiap dimensi self efficacy yang diukur diperoleh total skor rata-rata perindikator pada dimensi 1 tingkatan (Level) adalah 287,3, pada dimensi 2 kekuatan (strenght) adalah 287,6, pada dimensi 3 Generalisasi (Generality) adalah 290. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa profil self efficacy mahasiswa calon guru pada mata kuliah teori dan praktek pengajaran mikro pendidikan matematika termasuk kategori tinggi.

Kata Kunci: Self Efficacy, Calon Guru, Teori dan Praktek Pengajaran Mikro


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v12i2.6253

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Jakarta Km 4 Pakupatan Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: jppm@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika