PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENGGUNAAN BAHAN MANIPULATIF DITINJAU DARI MINAT BELAJAR MATEMATIKA

Konstantinus Denny Pareira Meke, Maria Trisna Sero Wondo, Dhoriva Urwatul Wutsqa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan Problem Based Learning (PBL)  dengan penggunaan bahan manipulatif ditinjau dari minat belajar siswa. Penelitian kuasi eksperimen ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan dua perlakuan yaitu untuk kelas eksperimen berupa pembelajaran problem based learning dengan penggunaan bahan manipulatif dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran problem based learning. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket untuk mengetahui minat belajar siswa terhadap pembelajaran matematika. Untuk melihat keefektifan perlakuan pada kedua kelas, data minat belajar matematika masing-masing dianalisis dengan uji t satu sampel. Perbedaan keadaan siswa sebelum perlakuan dan perbedaan keefektifan diukur dengan menggunakan MANOVA. Selanjutnya untuk membandingkan keunggulan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol digunakan uji t dua sampel independen dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan baik pembelajaran problem based learning dengan penggunaan bahan manipulatif dan pembelajaran problem based learning, keduanya efektif ditinjau dari minat belajar siswa terhadap pembelajaran matematika. Terdapat perbedaan keefektifan antara kedua kelas setelah diberikan perlakuan, dimana kelas dengan pembelajaran problem based learning dengan penggunaan bahan manipulatif lebih efektif ditinjau dari minat belajar siswa terhadap matematika.


Full Text:

PDF

References


Agodu, I. (2016). Exploring the effect of manipulatives on students’ performance. International Journal of Advanced Research and Development. 1(6), 36-45

Akmalia, N. N., Pujiastuti, H. & Setiani, Y. 2016. Identifikasi tahap berpikir kreatif matematis melalui penerapan model problem based learning dengan tugas pengajuan masalah . Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika 9(2). 183-193

Allen, M. J. & Yen, W. M. (1979). Introduction to measurement theory. Monterey: Brooks/Cole

Arthur Y. D, Oduro, F. T & Boadi. R. K. (2014). Statistical analysis of ghanaian students attitude and interest towards learning mathematics. International Journal of Education and Research. 2(60), 661-670

Astutik, H. (2017). Keefektifan pembelajaran berdasarkan masalah pada bangun ruang sisi datar ditinjau dari penguasaan SK, motivasi, dan minat siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. 4(1), 56-66.

Belenky, D. M. & Nokes, T. J. (2009). Examining the Role of Manipulatives and Metacognition on Engagement, Learning, and Transfer. The Journal of Problem Solving. 2(2), 102-129.

Cockett, A. & Kilgour, P. W. (2015) "Mathematical Manipulatives: Creating an Environment for Understanding, Efficiency, Engagement, and Enjoyment," Teach Collection of Christian Education. 11(5). Available at: http://research.avondale.edu.au/teachcollection/vol1/iss1/5

Cope, L. (2015). Math manipulatives: making the abstract tangible. Delta Journal of Education. 5(1), 10-19

Crowley, B. M. (2015) The effects of problem-based learning on mathematics achievement of elementary students across time. Masters Theses & Specialist Projects. Paper1446.http://digitalcommons.wku.edu/ theses/1446

Demirel, M & Dağyar, M. (2016). Effects of problem-based learning on attitude: a meta-analysis study. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education. 12(8), 2115-2137.

Depdikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nasional Republik Indonesia tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Eggen, P., & Kauchak, D. (2010). Educational psychology: Windows On Classrooms.8th ed. Upper Saddle River, New Jersey: Merrill Pearson

Enki, K. (2014). Effects of using manipulatives on seventh grade students’ achievement in transformation geometry and orthogonal views of geometric figures. Unpublished master’s thesis. Ankara: Middle East Technical University.

Fennema, E., & Romberg, T. A. (Eds). (1999). Mathematics classrooms that promote understanding. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Inc.

Gaetano, J. (2014). The effectiveness of using manipulatives to teach fractions. Theses and Dissertations. 495. http://rdw.rowan.edu/etd/495

Jaeger, M. & Adair, D. (2014). The influence of students’ interest, ability and personal situation on students’ perception of a problem-based learning environment. European Journal of Engineering Education. 39(1), 84-96

Kelly, C. A. (2006). A performance-based analysis. The Montana Mathematics Enthusiast. 3(2), 184-193.

Köller, O., Baumert, J & Schnabel, K. (2001). Does interest matter? the relationship between academic interest and achievement inmathematics. Journal for Research in Mathematics Education. 32(5), 448-470

Mardapi, D. (2008). Teknik penyusunan instrumen tes dan nontes. Yogyakarta: Mitra Cendekia Press.

Meke, K.D.P, Wutsqa, D.U. & Alfi, F.D. 2019. Problem based learning using manipulative materials to improve student interest of mathematics learning. J. Phys.: Conf. Ser. 1157 (032099),1-8.

Mink, D. V. (2010). Strategies for teaching mathematics. Hungtington Beach, CA Shell Education.

Moyer, P. S. (2001). Are we having fun yet? How teachers use manipulatives to teach mathematics. Educational Studies in Mathematics. 47(2), 175-197.

Nitko, A. J., & Brookhart S. M. (2011). Educational Assessment of Students (6th ed). Boston, MA: Pearson Education, Inc.

NOer, S. H. & Gunowibowo, P. (2018). Efektivitas problem based learning ditinjau dari kemampuan berpikir kritis dan representasi matematis. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika. 11(2), 17-32.

O’Grady, G., et al. (2012). One-day, one-problem: an approach to problem based learning. Singapore: Springer Science + Business Media

Ojose, B. & Sexton, L. (2009). The effect of manipulative materials on mathematics achievement of first grade students. The Mathematics Educator. 12(1), 3-14

Posamentier, A. S., Smith B. S., & Stepelman J. (2010). Teaching secondary mathematics: teaching and enrichment unit. (8th ed). Boston, MA: Allyn & Bacon.

Risfalidah, Rosidin, U. & Sutiarso, S. 2019. Pengembangan LKPD berbasis problem based learning ditinjau dari disposisi dan kemampuan komunikasi matematis. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika. 2(2). 273-283.

Rochani, S. (2015). Keefektifan pembelajaran matematika berbasis masalah dan penemuan terbimbing ditinjau dari hasil belajar kognitif kemampuan berpikir kreatif. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. 3(2), 273-283

Santrock, J. W. (2011). Educational psychology (5th ed). New York, NY: McGraw-Hill Companies Inc.

Sasongko, H.W. & Jailani, (2014) Tinjauan keefektifan group investigation menggunakan alat peraga manipulatif dari aspek prestasi belajar bangun ruang sisi datar dan apresiasi terhadap matematika SMP. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika. 9(2), 136-146

Schukajlow, S., & Krug, A. (2014). Are interest and enjoyment important for students' performance? In C. Nicol, S. Oesterle, P. Liljedahl & D. Allan (Eds.), Proceedings of the Joint Meeting of PME 38 and PME-NA 36 5, 129-136. Vancouver, Canada: PME.

Sungur, S., & Tekkaya, C. (2006). Effects of problem based learning and traditional instruction on self regulated learning. The journal of educational research. 99. 307-317.

Surur, M & Urfi, R.N.U. (2017). Penerapan model problem based learning menggunakan index card macht untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X. Jurnal Edutama. 4(2), 11-18.

Tarmizi, et. al. (2010). Problem-based learning: engaging students in acquisition of mathematical competency. Procedia Social and Behavioral Sciences 2. 4683–4688.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v13i2.6834

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika)

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Ciwaru No 25 Kota Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: jppm@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika