PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA DENGAN PENDEKATAN OPEN ENDED

Mariam Ar Rahmah, Sumpena Rohaendi

Abstract


The lack of student’s creative thinking ability was the background of this research. A learning that can make students think creative was needed for bringing up to creative ideas which can be found in the open-ended approach. The objective of this research was to analyze the effect of open-ended approach and to compare the open-ended approach with the expository approach. Quasy experiment method with control group pretest and posttest design to analyze the elevation of student’s creative thinking abilities was conducted on this research, while test and nontest were taken as the instrument. The test consists of questions in which indicators can assess student’s creative thinking skills and nontest questions in the form of questionnaires to see student’s responses. This research resulted that student's creative thinking ability using the open-ended approach was not better than the expository approach. Nevertheless, it was known that students' responses to the open-ended approach were more interesting than the expository approach. By this research result, further research is needed to confirm research result.

 

Keywords: Creative Thinking Ability, Open-Ended Approach, Student Learning Response

Full Text:

PDF

References


Bano, E. (2012). Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematis Siswa SMA melalui Pendekatan Metakognitif Berbantuan Autograph. Bandung: Tesis PPS UPI. Tidak diterbitkan.

Dahlan. (tanpa tahun). Pendekatan open ended dalam Pembelajaran Matematika. Artikel.http://file.upi.edu/Direktori/FPMIPA/JUR._PEND._MATEMATIKA/196805111991011JARNAWI_AFGANI_DAHLAN/Perencanaan_Pembelajaran_Matematika/open-ended.pdf . Diakses 3 Oktober 2018.

Gafur, dkk. (2015). Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Open-Ended Siswa Kelas VII-2 SMPN 3 Kulisusu melalui Pendekatan Pengajuan Masalah Pada Pokok Bahasan Segi Empat. JPPM, Volume. 3 No. 1 Januari 2015

Kholil, M. (2015). Pembelajaran dengan Pendekatan Open-Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. FENOMENA, Volume. 14 No. 2 Oktober 2015.

Lestari, S. (2014). Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Kreatif Produktif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa MTs Darul Hikmah. Pekanbaru: Skripsi. [Online] http://repository.uin-suska.ac.id/4748/2/BAB%20I.pdf.

Lewy, Zulkardi, Aisyah. (2009). Pengembangan Soal untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Pokok Bahasan Barisan dan Deret Bilangan di Kelas IX Akselerasi SMP Xaverius Maria Palembang. Arikel. http://eprints.unsri.ac.id/820/1/2_Lewy_14-28.pdf. Diakses 3 Oktober 2018.

Mahuda, I. (2017). Pembelajaran Kooperatif CO-OP CO-OP dengan Pendekatan Open-Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA. JPPM, Volume. 10 No. 2 Oktober 2017.

Meika, I. dan Sujana, A. (2017). Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA. JPPM, Volume. 10 No. 2 Oktober 2017.

Nur, I.R.D. (2016). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa dengan Menggnakan Model Pembelajaran Brain Based Learning. Judika Volume 4 Nomor 1 Tahun 2016 ISSN 2338-2996.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitataif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Suherman, E. (2003). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Bandung: FPMIPA.

Solikhah dll. (2018). Efektifitas Model Pembelajaran Open-Ended terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kreativitas Siswa. FKIP Universitas Pancasakti Tegal. JES-MAT, Volume 4 No.1 Tahun 2013. [Online] https://journal.uniku.ac.id/index.php/JESMath/article/viewFile/908/646.

Uno, H.B dan Mohamad, N. (2011). Belajar dengan pendekatan pailkem. Jakarta:Bumi Aksara.

Verawati, A. (2017). Pendekatan Pembelajaran Open-Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Pelajaran Matematika. Mahasiswi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK). [Online] https://repository.ar-raniry.ac.id/2695/1/AYU%20VERAWATI.pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v13i1.7141

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika)

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Jakarta Km 4 Pakupatan Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: jppm@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika