PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SEARCH SOLVE CREATE AND SHARE (SSCS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN SELF CONCEPT DITINJAU DARI PENGETAHUAN AWAL MATEMATIKA

Imam Muqimil Haq, Suyono Suyono, Pinta Deniyanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran SSCS dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dan self concept siswa ditinjau dari pengetahuan awal matematika siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 24 Jakarta sebagai sekolah eksperimen dan di SMAN 7 Jakarta sebagai sekolah kontrol. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 24 Jakarta dan siswa kelas XI SMA Negeri 7 Jakarta. Hasil penelitian ini adalah: (1) kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang mendapat perlakuan model pembelajaran SSCS lebih tinggi dari pada siswa yang mendapat perlakuan model pembelajaran Ekspositori; (2) terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dan pengetahuan awal matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis; (3) kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang mempunyai pengetahuan awal matematis tinggi dengan pemberian model pembelajaran SSCS lebih tinggi dari pada siswa yang diberi perlakuan ekspositori; (4) self concept matematis siswa yang mendapat perlakuan model pembelajaran SSCS lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang mendapat perlakuan model pembelajaran ekspositori; (5) terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dan pengetahuan awal matematika terhadap self concept siswa; (6) self concept siswa yang mempunyai pengetahuan awal matematis tinggi yang mendapat perlakuan dengan model pembelajaran SSCS lebih tinggi dari pada siswa yang diberi perlakuan ekspositori.

 

Kata kunci: kemampuan berpikir kreatif matematis, self concept, model pembelajaran SSCS, pengetahuan awal matematika


Full Text:

PDF

References


Dadang Sukirman. (2009). Microteaching, cet. 1. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Islam Departemen Agama Republik Indonesia.

Daut Siagian M. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal of Mathematics Education and Science. ISSN: 2528-4363.

Herniati, H. (2011). Gaya Pengasuhan, Konsep Diri, Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Siswa SMA pada Berbagai Model Pembelajaran. Tesis. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Leonard dan Supardi, U.S. (2010). Pengaruh Konsep Diri, Sikap Siswa pada Matematika dan Kecemasan Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. Cakrawala Pendidikan. Jurnal Cakrawala Pendidikan. ISSN: 2442-8620.

Maulani Dewi. (2017). Pengaruh Model Reciprocal Teaching Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Self Concept Siswa Di SMAN Kecamatan Tambun Selatan Bekasi. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika (JPPM). Vol. 11 No. 1.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Virginia: The Nasional Council of Teachers of Mathematics, Inc.

OECD. (2010). “PISA 2010 Results in Focus.” Online. www.oecd.org/pisa/pisa-2010-results-in-focus.pdf. (Diakses Rabu, 22 Maret 2017 pukul 17.05).

_____. (2013). “PISA 2012 Results in Focus.” Online. www.oecd.org/pisa/pisa-2012-results-in-focus.pdf. (Diakses Rabu, 22 Maret 2017 pukul 17.05).

_____. (2016). “PISA 2015 Results in Focus.” Online.www.oecd.org/pisa/pisa-2015-results-in-focus.pdf. (Diakses Rabu, 22 Maret 2017 pukul 17.05).

_____. (2018). “PISA 2015 Results in Focus.” Online.www.oecd.org/pisa/pisa-2015-results-in-focus.pdf. (Diakses Rabu, 22 Maret 2017 pukul 17.05).

Pratiwi Indah. (2019). PISA Effect On Curriculum In Indonesia. Jurnal. Volume 4 No. 1.

Ruseffendi, E.T. (1991). Penilaian Pendidikan dan Hasil Belajar Siswa khususnya dalam Pengajaran Matematika untuk Guru dan Calon Guru. Bandung: Tarsito.

Sudiantini Dian. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Penalaran Matematis Siswa. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika (JPPM). Vol. 11 No. 1.

Widayati. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Penemuan Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Self Concept Dengan Mengontrol Kemampuan Awal Peserta Didik Kelas VII SMP. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika (JPPM). Vol. 11 No. 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v13i2.7271

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika)

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Ciwaru No 25 Kota Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: jppm@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika