MEMBANGUN HYPHOTETICAL LEARNING TRAJECTORY PADA PEMBELAJARAN SIFAT-SIFAT GEOMETRI DI SD MELALUI EKPSLORASI MODEL-MODEL BANGUN RUANG

Aan Subhan Pamungkas, Indhira Asih Vivi Yandari, Sukirwan Sukirwan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hipotesis lintasan belajar siswa berdasarkan pada lintasan belajar yang dialami siswa sebenarnya. Selain itu juga menganlisis dan mendeskripsikan aktivitas siswa dalam setiap tahapan pembelajaran yang dilakukan melalui pendekatan realistik matematika. Untuk mencapai tujuan tersebut maka penelitian ini menggunakan tahapan yang mencakup persiapan penelitian, eksperimen pembelajaran dan analisis data yang diperoleh dari tahap retrospective analysis. Berdasarkan hasil analisis Hypotetical Learning Trajectory didapatkan beberapa aktivitas yang sesuai dengan lintasan belajar siswa pada materi bangun ruang sisi datar yaitu kubus dan balok dengan aktivitas labeling product dan menjiplak rusuk. Pada aktivitas labeling product, dimana sekelompok siswa tersebut diperintahkan mengukur luas kubus dan balok, kemudian mereka menempelkan sisi kubus pada kertas HVS dan menggaris pinggiran tiap sisi tanpa putus-putus, serta mengguntingnya dengan rapi kemudian dari kegiatan ini siswa dapat mengetahui bentuk setiap sisi dan juga jumlah sisi dari bangun ruang kubus dan balok. Sedangkan pada aktivitas menjiplak rusuk guru memerintahkan siswa untuk menjiplak kubus dan balok secara tidak putus-putus garis sisinya satu sama lain, dan siswa secara langsung menghitung jumlah rusuk yang ada pada jiplakan gambar tersebut dan mnginformasikan posisi rusuk pada kubus dan balok. Dari kegiatan ini siswa akan mengetahui posisi rusuk dan jumlah rusuk pada kubus dan balok dengan perhitungan yang benar.

 

Kata kunci: Lintasan Belajar, Retrospective Analysis, Realistik Matematika


Full Text:

PDF

References


Bakker, A. (2004). Design research in statistics education on symbolizing and computer tools. (Dissertation). Utrecht University.

Bruner, J. S. (1980). Jerome S. Bruner. In G. Lindzey (Ed.), A history of psychology in autobiography Vol. 7 (p. 75–151).

Clements, D. H., & Sarama, J. (2004). Learning trajectories in mathematics education. Mathematical Thinking and Learning, 6(2), 81–89.

Clements, D. H., & Sarama, J. (2009). Learning and teaching early math: The learning trajectories approach (2nd ed.). New York: Routledge.

Freudenthal, H. (1983). Didactical phenomenology of mathematical structures. Dordrecht: Reidel.

Gravemeijer, K. (1994). Developing realistic mathematics education. Utrecht: Kluwer Academic Publishers.

Gravemeijer & Cobb. (2006). “Design Research from a Learning Perspective, dalam Educational Design Research. New York: Routledge

Gravemeijer, K., & Terwel, J. (2000). Hans Freudenthal: A mathematician on didactics and curriculum theory. Journal of Curriculum Studies, 32(6), 777–796.

Kemdikbud. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 68 tahun 2014 tentang kerangka dasar dan struktur kurikulum SMP/MTs. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia

Kizito, R. N. (2012). Realistic Mathematics Education (RME) as an instruction design perspective for introducing the relationship between the derivative and integral via distance education. University of Stellenbosch.

Mousley, J., Sullivan, P., & Zevenbergen, R. (2004). Alternative learning trajectories. In I. P. R. Faragher & M. McLean (Eds.), Proceedings at the 27th Annual Conference of the Mathematics Education Research Group of Australasia (pp. 374–381). Townsville: MERGA.

Rejeki, S. (2015). Menggunakan kubus satuan untuk mengembangkan pemahaman siswa pada konsep pengukuran volume. In N. Hadi (Ed.), Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (pp. 763–770). Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Matematika, FMIPA UNY.

Revina, S. (2011). Design research on mathematics education: Spatial visualization supporting students’ spatial structuring in learning volume measurement. (Thesis). International Master Program on Mathematics Education, Sriwijaya University and Utrecht University.

Rohim, A. (2016). Desain pembelajaran jaring-jaring dan luas permukaan kubus menggunakan media kubus guling berwarna (meku-guwa). In Y. Suharyadi (Ed.), Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Terapannya (pp. 325–338). Purwokerto: Jurusan Matematika, FMIPA, Universitas Jenderal Soedirman.

Sapti, M. (2011). Desain pembelajaran 'mathematical learning trajectories'. Limit, 12, 71–82.

Shadiq, F., & Mustajab, N. A. (2010). Pembelajaran matematika dengan pendekatan realistik di SMP. (Pujiati, Ed.). Yogyakarta: P4TK Matematika.

Simon, M. A., & Tzur, R. (2004). Explicating the role of mathematical tasks in conceptual learning: An elaboration of the hypothetical learning trajectory. Mathematical Thinking and Learning, 6(2), 91–104.

Sukirwan. (2013). Peranan fenomenologi didaktis pada pendidikan matematika realistik terhadap kemampuan penalaran, argumentasi dan habits of mind matematis siswa SMP. (Disertasi). Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Syaiful. (2011). Metakognisi siswa dalam Pendidikan Matematika Realistik di sekolah menengah pertama. Jurnal Edumatica, 1(2), 1–13.

Tan-Sisman, G., & Aksu, M. (2016). A study on sixth grade students’ misconception and error in spatial measurement: Length, area, and volume. International Journal of Science and Mathematics Education, 14(7), 1293–1319.

Treffers, A. (1987). Three dimensions: A model of goal and theory description in mathematics instruction. Netherland: Reidel Publishing Company.

van Den Heuvel-Panhuizen, M. (2003). The didactical use of models in realistic mathematics education: An example from a longitudinal trajectory on percentage. Educational Studies in Mathematics, 54, 9–35.

Warsito, Nuraini, Y., Sukirwan, & Muhtadi, D. (2019). The design learning of franction with realistics mathematics education in elementary school. Journal of Physics: Conference Series, 1188(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v13i1.7634

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika)

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Jakarta Km 4 Pakupatan Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: jppm@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika