UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA BANGUN DATAR SEGI EMPAT MELALUI KEGIATAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF

Rini Hartati Purwaningsih

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh kualitas hasil belajar matematika yang belum optimal yang salah satu penyebab adalah kurangnya aktivitas belajar matematika, rendahnya motivasi belajar matematika, rendahnya dukungan orang tua dan keluarga untuk belajar karena masih adanya siswa yang tidak mengerjakan tugas serta pembelajaran matematika cenderung monoton dan tidak menarik. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut maka diterapkan pembelajaran kooperatif. Penelitian ini bertujuan meningkatkan prestasi belajar matematika pada pokok bahasan bangun datar segi empat melalui pembelajaran kooperatif di kelas VII C SMPN 17 Kota Serang yang berjumlah 42 siswa pada semester II tahun pelajaran 2015/2016. Model penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi dengan dua Siklus. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes atau evaluasi hasil belajar, lembar observasi untuk mengetahui hasil prestasi belajar siswa, mengetahui aktivitas siswa dan guru, serta jurnal lapangan sebagai catatan setiap pertemuan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan pembelajaran yang telah dilaksanakan tedrbukti dapat meningkatkan prestasi belajar matematika lebih baik di akhir Siklus 2.

Kata kunci: Prestasi Belajar, Pembelajaran Kooperatif


Full Text:

PDF

References


Adjie, Nahrowi dan Maulana. (2006). Pemecahan Masalah Matematika. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Arikunto, Suharsimi. (2005). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan . Jakarta: Bumi Aksara.

Isjoni. (2012). Cooperatife Learning Efektifitas Pembelajaran , Bandung Alfa Beta.

Nasution, Andi Hakim. (1992). Panduan berpikir dan Meneliti secara Ilmiah bagi Remaja. Jakarta: Gramedia Lidia Sarana Indonesia.

Nurkencana, Wayan. (1986). Eveluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Roestiyah. (1998). Strstegi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka cipta.

Suherman, Erman dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Konteporer. Bandung: UPI.

Slavin. (2008). cooperative learning. Bandung : Nusa Media.

Trianto. (2007). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Surabaya Kencana Media Group.

Thoha, Chabib. (2003). Teknik Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v13i2.8682

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika)

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Ciwaru No 25 Kota Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: jppm@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika