PENGEMBANGAN BUKU AJAR BERBASIS KASUS (CASE BASED) PADA MATA KULIAH STATISTIKA PENDIDIKAN

Prahesti Tirta Safitri, Kus Andini Purbaningrum

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar berbasis kasus (case based) pada mata kuliah statistika pendidikan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (development research). Pengembangan dilakukan sesuai dengan alur desain Formative Evaluation yang terdiri atas dua tahapan utama development research yaitu tahap preliminary study (tahap persiapan, tahap pengembangan model) dan tahap formative study (tahap evaluation dan tahap revisi). Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester IV yang berjumlah 27 mahasiswa. Data dikumpulkan dengan observasi, angket, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian didapatkan, 1) Hasil uji yang dilakukan oleh para ahli diperoleh skor 77% untuk ahli media, 79% untuk ahli materi yang berarti termasuk dalam klasifikasi kuat, dan 83% untuk ahli pendidikan yang berarti termasuk dalam klasifikasi sangat kuat; 2) Hasil pengujian dalam small group diperoleh skor 85% yang berarti termasuk dalam klasifikasi sangat kuat dan 3) Hasil pengujian dalam field test diperoleh skor 83% yang berarti termasuk dalam klasifikasi sangat kuat, sehingga dapat disimpulkan bahwa buku ajar berbasis kasus (case based) pada mata kuliah statistika pendidikan layak untuk digunakan.

Kata kunci: Buku Ajar, Berbasis Kasus, Statistika Pendidikan


Full Text:

PDF

References


Arifin dan Kusrianto. 2009. Sukses Menulis Buku Ajar dan Referensi, Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Azzahra, Azka. 2017. Pengaruh Model Case Based Learning (CBL) terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa pada Konsep Jamur. UIN Syarif Hidayatullah. Jakarta

Handoko, Hani. 2005. Metode Kasus dalam Pengajaran (Manajemen), Makalah disampaikan pada Lokakarya Peningkatan Kemampuan Penyusunan dan Penerapan Kasus untuk Pengajaran, Semarang.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (https://kbbi.web.id/kasus);

Kepmendiknas No.36/D/O/2001, pasal 5 ayat 9 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Penilaian Angka Kredit Jabatan Dosen.

Kurniawan, Khaerudin. 2013. Handout Mata Kuliah Menulis Buku Ajar/Ilmiah. Universitas Pendidikan Indonesia.

Mutmainah, Siti. 2011. Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Berbasis Kasus yang Berpusat Pada Mahasiswa terhadap efektivitas Pembelajaran Akuntansi Keperilakuan. Simposium Nasional Akuntansi.

Riduwan. 2009. Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Alfabeta. Bandung.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan, Alfabeta. Bandung.

Tesmer, M. 1993. Planning and Conducting Formaive Evaluations. Kogan Page. London




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v13i2.8768

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika)

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Ciwaru No 25 Kota Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: jppm@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika