PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA

Novi Marliani

Abstract


Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap kemapuan berfikir kreatif siswa pada salah satu SMA swasta  yaitu siswa kelas XI di SMA Perguruan Ksatrya Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan menggunakan metode penelitian eksperimen dengan teknik analisis data  uji T.  Sampel dalam penelitian adalah 50 siswa dengan kelas XI-IPS 2 sebagai kelas Eksperimen dan XI-IPS 1 sebagai kelas kontrol yang masing-masing terdiri dari 25 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tulis  essay.  Berdasarkan hasil analisis uji hipotesis dengan uji T menunjukkan thitung= 3,56 dan ttabel= 1,6788 pada taraf signifikansi 5% atau (a = 0,05) dan derajat kebebasannya (dk = 48) yang berarti thitung > ttabel (3,56 > 1,6788) maka H0 ditolak dan H1 diterima  sehingga peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v9i1.978

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Ciwaru No 25 Kota Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: jppm@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika