KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA YANG BELAJAR OPERASI PADA PECAHAN MENGGUNAKAN PERMAINAN TRADISIONAL

Bagus Ardi Saputro

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan menggunakan permainan, kemampuan penalaran matematis siswa yang belajar operasi pada pecahan lebih baik dari pada kemampuan penalaran matematis siswa yang belajar secara konvensional. Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen berdesain eksperimen perbandingan kelompok statik. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan penalaran matematis siswa yang belajar operasi pada pecahan pada level sekolah sedang lebih berkembang dari pada kemampuan penalaran matematis siswa yang belajar secara konvensional.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v9i1.981

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Jakarta Km 4 Pakupatan Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: jppm@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika